Langkah Mudah Menumbuhkembang Bakat Anak Di Era Digital

Tantangan menjadi orang tua di era digital seperti sekarang ini bukanlah perkara mudah. Dimana di era digital yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan gadget telah ikut serta mempengaruhi pola perkembang anak. Nah, untuk mengimbangi era digital yang tidak terelakkan ini, orang tua menghadapi tantangan tersendiri dalam menumbuhkembangkan bakat anaknya.
Lalu, apa yang mesti dilakukan orang tua masa kini dalam menumbuhkembangkan bakat anaknya dalam menghadapi Era digital? Berikut langkah mudah menumbuhkembang bakat anak di era digital:

1.  Orang tua harus melek teknologi:
Sudah bukan rahasia lagi jika anak masa kini sangat susah lepas dari gadget. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus melek teknologi. Tujuannya, agar kita sebagai orang tua dapat mendampingi dan mengarahkan anak saat bermain gadget dengan pengethuan yang kita miliki.

2. Orang tua harus memahami pengaruh yang ditimbulkan teknologi:
Teknologi seperti dua sisi mata pisau. Bisa bermanfaat, bisa juga merugikan. Jika kita manfaatkan dengan baik maka hasilnya akan baik, tapi bila kita gunakan kehal yang baik maka hasil yang didapat juga tidak baik. oleh karena itu kita sebagai orang tua harus memahami pengaruh yang ditimbulkan teknologi.
Salah satu efek dari perangkat gadget adalah timbulnya masalah kesehatan. Selain itu bermain terus menerus gadget akan membuat anak kurang bersosialisasi dengan luar sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.
3. Orang tua harus mengajak anak beraktifitas di luar ruangan:
Jangan biarkan anak larut dalam permainan gadgetnya. Simulasi alami akan lebih baik buat tumbuh kembangnya. Setidaknya dalam sehari sang anak setidaknya menonton televisi 1-2 jam dan main game 1-2 jam setiap minggunya.
Untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat anak, sebaiknya orang tua mendorong anaknya untuk beraktifitas di luar ruangan. Setidaknya sang anak perlu melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya.
4. Orang tua harus mendorong anak untuk tidak tergantung gadget:

Seperti disebutkan di atas untuk menumbuhkembangkan bakat anak, orang tua perlu mendorong anaknya untuk tidak tergantung dengan gadget. Teknologi memang dapat memudahkan pekerjaan, tapi tidak semua tugas harus dikerjakan menggunakan gadget. Hal ini dilakukan agar anak dapat mandiri sehingga tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: