Lima Jenis Kanker Yang Paling Mematikan

Ada beberapa jenis kanker, dimana beberapa jenis kanker ini dapat dibagi menjadi lima kategori dasar, yakni: karsinoma, sarkoma, myelomas, limfoma dan leukemia. Kelima jenis kanker ini sangat berbahaya bagi tubuh. Apa saja bahayanya?
Berikut lima jenis kanker yang paling mematikan:
1.   Karsinoma:
Merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan, dimana karsinoma berjumlah sekitar 80-90 persen dari semua kasus kanker. Karsinoma sendiri dibagi menjadi dua subtipe utama, yaitu: adenokarsinoma, yang berkembang dalam suatu organ atau kelenjar, dan karsinoma sel skuamosa, yang berasal dari epitel, umumnya berada di kulit.
Umumnya kanker ini bersifat ganas sehingga penyebaran selnya sangat cepat menginvasi tubuh. Maka tidak heran kanker Karsinoma ini cepat membuat penderitanya KO yang akhirnya berujung ke kematian.

2.  Sarkoma:
Ada lebih dari lima puluh jenis sarkoma, dimana sarkoma memiliki dua kelas utama: sarcoma tulang dan sarkoma jaringan lunak. Jenis Sarkoma sendiri diberi nama sesuai bagian jaringan yang diserangnya. Ambil contoh jika sarkoma menyerang area jaringan pembentuk tulang maka namanya oesteosarkoma. itu sebabnya jenis kanker ini berbahaya atau tidak tergantung jenis dan tempat lokasi tumbuhnya.

Apabila jenis kankernya adalah ganas dan ditempat yang vital maka jenis kanker ini akan cepat mengakhiri nyawa penderitanya tanpa ampun, dan begitu juga sebaliknya.

3.  Myelomas:
Ditemukan dalam sel-sel plasma sumsum tulang, jaringan lunak di dalam tulang. Dimana sel plasma adalah sel darah putih yang melawan berbagai kuman penyakit. Jadi jika sel-sel myeloma berkembang maka ia akan mencegah generasi rutin antibodi, sehingga daya tahan tubuh akan melemah yang ujung-ujungnya penderita akan mudah terserang penyakit.
Selain itu, sel myeloma juga mengganggu produksi normal dan fungsi sel darah merah dan putih dan dapat menyebabkan kerusakan tulang, menyebabkan nyeri tulang dan patah tulang.
4.  Limfoma:
Limfoma adalah kanker dari sel-sel darah putih dari sistem limfatik. Ada limfoma sel B dan limfoma sel T. Dimana biasanya jenis kanker ini menyerang sistem limfatik yaitu: kelenjar getah bening dan daerah limpa.  Seperti kita ketahui bersama, sistem limfatik merupakan bagian penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika area tersebut bermasalah maka secara otomatis tubuh tidak punya benteng pertahanan dari berbagai serangan penyakit.
5.  Leukemia:

Leukemia atau lebih dikenal sebagai kanker darah ini, biasanya akan mengganti sel-sel normal dengan sel-sel yang abnormal. Tentu saja dengan kejadian tersebut, membuat sel-sel tubuh tidak melakukan fungsinya secara normal. Maka tidak heran, jenis kanker ini apabila tidak ditangani dengan segera akan meninggal dalam hitungan minggu bahkan bisa dalam hitungan hari saja!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: