Bermain Catur Ternyata Dapat Mencerdaskan Otak

Bukan rahasia lagi, jika selama ini banyak yang berpendapat bahwa bermain catur dapat meningkatkan IQ. Lalu benarkah pendapat tersebut? Ternyata hal tersebut benar adanya. Menurut ahli saraf dari Colombia Medical Center yang bermukim di Amerika Serikat bermain catur dapat meningkatkan IQ, meningkatkan pertumbuhan otak, mengurangi risiko Alzheimer dan membantu pemulihan stroke dan disabilitas.
Wow, keren bukan?Lalu, bagaimana caranya sampai permainan catur dapat mendapatkan hasil yang menakjubkan tersebut? Berikut empat manfaat bermain catur untuk otak kita:
1.   Meningkatkan IQ

Seperti yang dikemukakan di atas, bermain catur dapat meningkatkan IQ. Menurut study yang dilakukan Murray Thompson, Ph.D terhadap anak-anak yang bermain catur, selama 4,5 bulan mereka mampu meningkatkan IQ. Tapi ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, melainkan untuk orang yang beriman catur pada umumnya. Mengapa ini bisa terjadi? Karena otak harus berkonsentrasi dan berpikir logis.


1.   Meningkatkan pertumbuhan otak
Ketika kita bermain catur, maka secara otomatis otak kanan dan kiri bekerja secara aktif secara bersama-sama.
2.  Mengurangi risiko Alzheimer
Banyak yang berpendapat bahwa penyakit menakutkan ini hanya diderita oleh kalangan lansia. Padahal fakta sebenarnya berbeda. Dimana Alzheimer juga bisa diderita oleh usia muda antara umur 20 tahun sampai 40 tahun.
Dengan bermain catur secara tidak langsung otak akan diminta fokus dan mempertajam daya ingat. Nah, hal inilah yang dapat mengurangi risiko Alzheimer.
3.  Membantu pemulihan stroke dan disabilitas
Ini salah satu manfaat menakjubkan dari bermain catur. Mengapa bermain catur dapat membantu pemulihan stroke dan disabilitas? Karena dengan bermain catur dapat merangsang gerak motorik pada otak manusia. Selain itu bermain catur juga dapat meningkatkan saraf kognitif dan membantu komunikasi.
Itulah ke empat manfaat bermain catur untuk kita. Selain dapat menyalurkan hobi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: