Penyebab Seseorang Sering Buang Air Kecil (Kencing)

Siapa yang tahan jika dalam waktu yang singkat perasaan mau berkemih muncul? Baru juga buang air kecil beberapa menit yang lalu, eh ngak tahunya ingin kencing lagi. Lalu, apa penyebab dari beser ini? Berikut beberapa penyebab seringnya kita berkemih:
1. Kelainan dalam saluran berkemih
Ini merupakan penyebab utama dan tersering seseorang sering berkemih. Entah itu karena infeksi, batu, atau karena tumor. Intinya dengan hadirnya penyebab ini saluran kemih yang seharusnya mengalir dengan normal berubah menjadi abnormal.
2. Overactive Bledder (OAB)
Penyakit apalagi ini? OAB merupakan penyakit yang tidak bisa mengontrol volume dalam saluran kemih. Misalnya saja volume saluran kemih harusnya full 600 ml tapi baru terisi 300 ml sudah kebelet ingin kencing. Gejalanya dapat dilihat dari bolak balik kamar mandi lebih dari delapan kali sehari dan sering kencing malam.
Pada dasarnya overactive bledder bisa dihentikan. Berikut beberapa cara mencegah OAB:

A. Kurangi jumlah minum anda, tapi jangan sampai menguranginya di batas ideal apalagi menghentikannya. Intinya minum sedikit-sedikit tapi sering. Hindari minum teh, kopi, soda dan jus yang terlalu asam.
B. Latihan otot dasar panggul
Jika tiba-tiba ada keinginan buang air kecil tapi Anda baru melakukannya beberapa menit yang lalu, lakukanlah latihan otot dasar panggul ini.
C. Kombinasi antara pola minum, latihan otot dasar panggul dan obat-obatan.

Jenis obat yang biasa digunakan adalah antimuscarinic, dimana obat ini berfungsi menghambat reseptor-reseptor muscarinc yang ada di saluran kemih agar hasrat ingin buang air kecilnya tidak keseringan.

3. Stress
Ini merupakan penyebab selanjutnya yang menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Tapi, untungnya penyebab ini situasional, jadi kalau penyebab stres atau tegang ini hilang maka hilang juga perasaan ingin berkemih terus menerus.
4. Efek samping setelah operasi

Jika Anda seorang wanita yang baru operasi melahirkan dan seorang pria yang baru pasca operasi prostat biasanya akan mengalami keluhan ingin buang air kecil ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: