Bolehkah Makanan Yang Baru Jatuh Ke Lantai Beberapa Detik Dimakan?

Baru jatuh 5 menit bolehkah makanan di makan? Di Indonesia sempat booming iklan pembersih lantai yang secara tersirat membuat pernyataan bahwa makanan yang terjatuh  dalam 5 menit bisa di makan asal sebelumnya menggunaan pembersih lantai sebelum makanan tersebut terjatuh.
Lalu, benarkah pernyataan tersebut? Apakah benar makanan yang jatuh di lantai selama 5 detik atau bahkan 5 menit boleh dimakan?  Atau justru sebaliknya?
Pada dasarnya makanan yang terjatuh ke lantai sebaiknya jangan di komsumsi atau dimakan. Karena makanan yang telah jatuh ke lantai langsung akan terpapar bakteri. Dari pada Anda menyayangkan harga sebuah makanan, lebih baik Anda memikirkan efek pengurasan ‘harga’ dari rasa sakit yang Anda derita setelah mengkomsumsi makanan tersebut. Ingat, sesal kemudian tidak berguna di kemudian hari.

Sebenarnya perkembangan bakteri pada makanan terbagi menjadi dua:
1.   Perkembangan bakteri lambat: dikategori ini makanan yang relatif sulit berkembang untuk bakteri adalah makanan yang kering. Contohnya: roti, biskuit, goreng-gorengan, coklat, dll.

2.  Perkembangan bakteri cepat: dikategori ini makanan yang relatif cepat berkembang untuk berkembang dan lebih mudah menjadi sarang bakteri. Makanan ini adalah makanan basah. Adapun contoh dari makanan ini adalah: agar-agar, buah potong, daging mentah dan es krim.
Jadi sebagai pertimbangan jika makanan yang Anda makan adalah makanan yang basah sebaiknya segera dibuang. Tapi, bukan berarti makanan kering ada pengecualian. Karena bagaimana pun makanan tersebut kontak dengan kuman bakteri.
Masih berani untuk makan-makanan yang terjatuh ke lantai? Pikir sekali lagi! Sebelum Terlambat!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: