Delapan Cara Mudah Agar Dapat Tidur Dengan Nyenyak

Bagaimana cara mengatasi susah tidur? Sebenarnya cara mengatasi susah tidur bukanlah perkara yang sukar. Tapi, ingat Anda harus mempolakan hidup yang sehat dalam keseharian Anda. Sehingga kesukaran dalam tidur dapat teratasi dengan alamiah tanpa bantuan obat-obatan.
Berikut adalah tips agar mudah tidur baik malam maupun siang hari:
1.   Jauhkah Gadget: ketika Anda ingin tidur usahakan untuk menjauhkan perangkat elektronik ini. Upayakan untuk tidak melihat layar gadget 30 menit sebelum tidur. Mengapa? Karena gadget biasanya merangsang pikiran sehingga menyebabkan seseorang susah untuk tidur.
2.  Redupkan cahaya lampu: dengan cahaya yang terang benderang akan membuat otak terangsang untuk terus terjaga dan lampu yang terang bersinar akan menghalangi produksi melatonin di malam hari.
3.  Membaca buku: membaca buku adalah kegiatan yang merangsang kantuk. Untuk itu kegiatan santai ini wajib Anda coba ketika susah untuk tidur.

4.  Jangan minum banyak air: Anda pasti tahu alasannya. Ya, dengan minum banyak air menyebabkan Anda mudah terjaga di malam hari dikarenakan keinginan untuk buang air kecil.
5.  Hindari makanan manis dan biji-bijian ketika hendak tidur: seperti kita ketahui makanan ini meningkatkan kadar gula darah yang dapat meningkatkan energi sehingga membuat Anda sukar untuk tertidur.

6.  Komsumsi makanan tinggi protein dan buah: usahakan untuk membiasakan makanan yang tinggi protein dan buah dalam keseharian Anda. Karena jenis makanan ini menyediakan L-tryptophan yang dibutuhkan untuk produksi melatonin dan seratonin.
7.  Dengarkan musik alami: musik yang mendendangkan suara alam diyakini dapat membuat seseorang mudah tertidur, seperti: musik suara air, hujan atau desiran udara.
8.  Hindari mengkomsumsi kafein dan alkohol: Ya, minuman yang mengandung kafein membuat kita terjaga setidaknya delapan jam setelah mengkomsumsinya. Sedangkan minuman beralkohol membuat kita cepat mengantu tapi mengganggu fase tidur nyenyak seseorang.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: