Menatap Ponsel Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Kebutaan

Bahaya menatap layar ponsel atau handphone – Anda tentu sering membaca artikel tentang bahaya menatap layar ponsel dalam jangka waktu yang lama. Dimana biasanya disebutkan bahwa menatap layar ponsel terlalu lama berisiko tinggi mengalami kebutaan.
Lalu, apa yang menyebabkan menatap layar ponsel terlalu lama dapat menyebabkan kebutaan?pada dasarnya kita memang tidak disarankan untuk menggunakan ponsel terlalu sering. Hal ini dikarenakan di layar ponsel terdapat cahaya biru atau blue light.
Mengapa kita harus menghindari cahaya biru atau blue light ini? Karena blue light berasal dari spektrum yang memiliki energi tinggi mirip seperti cahaya ultraviolet dari matahari. Nah, cahaya blue light ini mampu merusak retina mata jika terpapar secara terus menerus.

Ketika seseorang menatap handphone dalam keadaan gelap, satu-satunya cahaya hanyalah berasal dari layar ponsel. Hal ini membuat blue light langsung menyerang makula dan mata pun bekerja lebih keras. Akibatnya, terjadi beberapa gangguan mata seperti mata kering, mata berair, mata lelah, buram mendadak, sampai yang paling parah adalah kebutaan.

Untuk menghindari kebutaan ini, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tetap mata tetap sehat:
1.   Memasang alat pelindung: yaitu dengan menggunakan aplikasi pelindung yang bisa digunakan di ponsel atau handphone, sepertI: eye care dan eye protector. Jika diaktifkan, layar akan berubah menjadi warna kuning dan mengatur intensitas dari blue light.
2.  Mengatur filter pada posisi terendah atau disesuaikan dengan keadaan cahaya disekitar. Jika keadaan cahaya sudah terang, kurangi brightness.
3.  Atur waktu dan jarak menatap layar ponsel. Misal setiap 20 menit sekali berhenti dan beristirahat sekitar 5 menit. Lalu atur jarak menatap layar. Contohnya, 30 sampai 40 cm dari depan mata dan 10 sampai 20 cm di bawah mata.

4.  Jangan lupa berkedip. Normmalnya manusia berkedip sebanyak delapan kali. Ini bisa membuat mata tidak kering dan tidak berair. Baca Juga: Begini Cara Mudah Dan Aman Melaporkan Polisi Yang Nakal
Loading...

Subscribe to receive free email updates: