Kupas Tuntas Perihal Nyeri Sendi: Mulai Dari Pengertian, Penyebab, Pencegahan, Pengobatan Dan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Sendi Kita

Nyeri Sendi – Sebagian dari kita mungkin merasakan sakitnya kaki ketika naik tangga. Bagi kita mungkin hal itu biasa. Hanya dioles salep langsung nyerinya hilang. Padahal, dibalik sakitnya sendi tersebut tersimpan fakta yang jarang kita ketahui.
Idealnya sendi yang sehat bisa bergerak tanpa rasa sakit. Jika kita merasakan adanya rasanya nyeri pasti ada ‘sesuatu’ yang telah terjadi. Pada umumnya nyeri sendiri terjadi akibat pergerakan sendi yang terlalu berlebihan dan bisa juga dikarenakan posisi yang salah.
Menyangkut pergerakan sendi yang terlalu berlebihan biasanya kita terlalu memaksakan diri dalam bergerak, misalnya: memaksakan diri dalam berolahraga maupun naik turun tangga. Memang benar, tubuh kita harus sering bergerak tapi memang harus ada batasannya.
Sedangkan untuk posisi yang salah dapat dilihat dikeseharian kita, misalnya saja ketika mengangkat benda yang berada di lantai. Merasa kita masih muda, kita langsung mengambil barang tersebut sambil membungkuk. Padalah posisi ini akan menyebabkan sendi tulang punggung kita terbebani.

Jika kita ingin mengangkat benda di lantai, sebaiknya kita meluruskan punggung dengan pijakan kaki yang tepat dan tekuk lutut kita. Lalu, angkat barang dengan menguatkan otot perut dan kaki dilebarkan. Hal ini akan memudahkan kita mengangkat barang serta memperkecil peluang untuk terjadinya nyeri sendi.

Untuk nyeri sendiri sebenarnya ada dua masalah utama, yaitu: artritis (osteoarthritis) dan rheumatoid arthritis. Artitis pada umumnya menyerang pada kalangan lansia, sedangkan rheumatoid arthritis merupakan radang tulang yang muncul dari dalam. Dimana biasanya sistem kekebalan tubuh tiba-tiba menyerang persendian di jemari, pergelangan tangan, siku, lutut dan jari kaki.
Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari kedua penyebab di atas yaitu: artritis (osteoarthritis) dan rheumatoid arthritis. Yang perlu kita sadari adalah masalah usia kita yang terus bertambah. Salah satu permasalahan sendi adalah degenerasi, dimana fungsi sendi kita akan menurun seiring berjalannya usia. Tapi, walaupun usia tidak bisa kita hindari , tapi jika semasa muda kita tahu porsi kekuatan tubuh kita dan tidak memforsirnya, diiringi dengan komsumsi makanan yang sehat, maka akan berpengaruh baik terhadap kesehatan sendi di masa tua kita nanti. Baca Juga: Tujuh Penyakit Yang Umumnya Timbul Pada Usia 30-an
Berikut beberapa elemen dalam makanan yang baik untuk menyehatkan sendi kita:
1.   Vitamin D: ya, bukan rahasia lagi jika vitamin D baik untuk kesehatan tulang kita. Hal ini tentu saja berimbas positif terhadap kesehatan sendi kita. Untuk itu sebaiknya pada usia 19 – 50 tahun kita mendapatkan asupan 1.000 mg kalsium setiap harinya. Bagaimana cara memenuhinya? Kita bisa mengkomsumsi susu, yoghurt, jus jerik dan sejumlah sayuran. Selain dari sinar matahari, tuna dan salmon.
2.  Vitamin C: Vitamin ini sangat berguna untuk jaringan yang menjadi ‘bumper’ antara dua tulang agar tidak saling bergesekan. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C ini sebaiknya kita mengkomsumsi 90 mg vitamin C bagi pria, dan 75 mg dan untuk wanita.  Dimana vitamin C dalam jumlah ini ada dalam satu buah jeruk.

3.  Selenium: Elemen ini dapat Anda temukan di kacang-kacangan, tuna, biji bunga matahari. Adapun dosis komsumsi mineralnya adalah 55 mg perharinya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: