Waspada! Inilah Delapan Gangguan Kesehatan Mental Karena Media Sosial

Media sosial di era modern ini memang menjadi ‘kebutuhan’ hidup. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita bersentuhan dengan aplikasi satu ini. Memberikan kabar kepada keluarga kita bisa melakukan video call melalui WhatsApp, ketika melihat pemandangan menarik kita menshare-nya ke Instagram, bahkan ketika  pikiran sedang mumet  terkadang kita menuliskan status galau kita di Facebook.
Sebenarnya sah-sah saja kita melakukan itu semua. Tapi, ingat segala sesuatu itu ada batasannya. Karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan efek negatif kepada kita.
Pada kesempatan ini kami akan membahas delapan gangguan kesehatan mental dikarenakan media sosial:

1.  Phantom Ringing Syndrome:
Sering merasa bahwa ponsel anda bergetar atau berdering padahal faktanya tidak? Jika iya, waspada karena gejala ini masuk kedalam tanda gangguan kesehatan mental dikarenakan media sosial.
2. Body Dysmorphic disorder:
Tanda gangguan kesehatan mental karena media sosial lainnya yaitu: ketika ketakutan atau cemas berlebihan terhadap kelainan pada bagian tubuh. tidak dapat berhenti memikirkan penampilan. Jika menemukan kekurangan pada bagian tubuh, akan merasa tertekan dan mengalami depresi.
3. Low forum frustration tolerance:
Gangguan kesehatan mental ini ditandai dengan merasa haus akan ke ekstensian diri di media sosial. Ia ingin mendapat pengakuan dari media sosial akan keberadaan dirinya.

4. Internet addiction disorder:
Ini adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan penggunaan internet yang berlebihan yang membuat pola hidup yang normal menjadi berantakan. Ini bisa dilihat dari pengguna yang tidak tahu batasan bermedia sosial, setiap waktu setiap saat selalu aktif di media sosial sampai melupakan kehidupan di dunia nyatanya!
5. Hypochondriasis:
Selanjutnya gangguan kesehatan mental diakibatkan media sosial adalah kecemasan berlebih terhadap kesehatan tubuhnya, dimana ia merasa menderita penyakit serius. Bisa jadi ini diperoleh dari informasi yang tersebar di media sosial. Padahal faktanya ia tidak menderita penyakit serius itu.
6. Narcissistic Personality Disorder:
Membaca judulnya saja Anda pasti bisa menebak gejala gangguan kesehatan mental ini. Ya, gangguan kesehatan mental ini berupa mengharapkan pujian atau kekaguman dari orang lain atas dirinya, sehingga memunculkan sifat yang arogan dan kurangnya empati terhadap orang lain.
Gejala gangguan ini adalah kegemarannya pamer foto dirinya sendiri dengan berbagai gaya di media sosial.
7. Voyeurism:
Rasa penasaran yang tinggi terhadap seseorang, sehingga melakukan pencarian yang lebih dalam terhadap orang tersebut, hingga akhirnya ia terobsesi dengan orang tersebut secara tidak wajar.
8.  Depresi:

Perasaan sedih atau tertekan secara mendalam. Dimana depresi ini dapat menyebabkan hilangnya minat dan semangat di dalam diri, malas beraktifitas, gangguan pola tidur, bahkan bisa mendorong seseorang untuk melakukan bunuh diri. Baca Juga: Gejala Penyakit Fisik Yang Muncul Akibat Depresi
Loading...

Subscribe to receive free email updates: