Apa Itu Hujan Meteor Orionid?

Secara tidak sengaja, pagi ini melihat berita berjalan dari salah satu TV swasta di Indonesia, bahwa bumi akan di hujani meteor Orionid. Penasaran, apa itu meteor orionid, saya mencari kata kunci orionid di internet.
Dari penusuran saya, ternyata meteor orionid ini tidak berbahaya bagi bumi, yang ada malah salah satu meteor terindah. Di mana meteor ini dapat dinikmati di seluruh belahan bumi. Yang mana waktu terbaik menyaksikannya adalah dini hari hingga matahari terbit.
Jadi hujan meteor orionoid ini terjadi karena bumi setiap pertengahan hingga akhir oktober akan melintasi aliran Komet Halley. Nah, pada saat melintasi itu banyak ditemukan debu sisa komet yang terbakar saat bersinggungan dengan bumi hingga menimbulkan hujan meteor. Karena hujan meteor itu seolah memancar dari rasi orion, maka tak salah disebut sebagai hujan meteor orion.

Peristiwa ini, bukanlah suatu peristiwa langka melainkan peristiwa yang terjadi setahun sekali.Biasanya akan muncul sekitar kurang lebih 15 meteor perjam yang akan terlihat di langit pada malam hari.
Lalu apakah seluruh dunia bisa menikmati keindahan hujan meteor orionoid ini? Jawabannya iya. Tapi, Negara/Daerah itu harus memiliki kondisi langit malam yang cerah. Kita bisa melihatnya dengan mudah, apalagi untuk Negara Indonesia yang berada di belahan bumi bagian utara.

Lalu, apakah tadi malam Anda menyaksikan hujan meteor orionoid? Kalau saya, tidak...karena tadi malam saya tertidur dengan nyenyak, haha...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: