Perumus Teks Sumpah Pemuda Dan Maknanya.

Besok (28 Oktober 2014) adalah hari yang paling bersejarah buat Rakyat Indonesia, karena di tanggal itulah (28 Oktober 1928) para pemuda-pemuda Indonesia bersumpah untuk persatuan Indonesia,  yang kini lebih dikenal dengan Sumpah Pemuda.
Sumpah Pemuda sendiri merupakan buah perjuangan para pemuda Indonesia. Setelah beberapa kali melakukan pertemuan (1926, 1927, Mei 1928, Agustus 1928, dan Oktober 1928), akhirnya disepakati suatu kesepakatan bersama, yaitu: sumpah bahwa mereka bertumpah darah satu (Tanah air Indonesia), Berbangsa satu yaitu Bangsa Indonesia dan mempunyai bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah pemuda itu sendiri dirumuskan oleh Moehammad Yamin, kemudian dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan secara terperinci oleh Moehammad Yamin kembali.
Selain dua nama di atas, sumpah pemuda sendiri di hadiri oleh beberapa pemuda yang sampai sekarang masih terkenal kisahnya dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka adalah: Amir Sjarifuddin, Sarbini, Siti Sundari, Djuanda, WR Soepratman dan Mohammad Roem.

Adapun kalimat teks Sumpah Pemuda itu adalah:

Soempah Pemoeda
Kami Poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah air Indonesia.
Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia.
Kami Poetra dan Poetri Indonesia Menjoenjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.

Rencananya menyambut peringatan Sumpah Pemuda yang ke-86 tahun ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (Ferry Mursyidan Baldan) yang baru saja terpilih di Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla 2014 – 2019 akan memimpin Upacara Sumpah Pemuda ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: