Amankah Mengkonsumsi Buah Impor?

Tahukah Anda, buah impor yang biasa Anda makan mengandung lilin di kulit buahnya? Dan tahukah Anda, buah-buah impor tadi,  sudah dipanen dari pohonnya sejak sebulan yang lalu?
Ya, itulah kedua fakta yang menarik dari buah impor yang konon katanya memanjakan mata dan lidah itu. Berbanding terbalik jika Anda mengkonsumsi buah lokal, bebas lilin dan tentu saja buah masih baru dan segar.
Lalu berbahayakah buah impor itu?
Tidak, karena lilin yang digunakan merupakan lilin yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Sebab lilin yang digunakan berasal dari lilin lebah atau memakai lilin kandelila. Pemakaian lilin ini bertujuan untuk menghambat proses pernafasan buah dan mencegah buah mengalami pematangan yang cepat.
Tapi, walaupun tidak berbahaya, ada baiknya Anda mengupas terlebih dahulu kulit buahnya atau jika Anda malas mengupas kulit buah, Anda dapat mencuci buah dengan sabun yang berlabel food grade atau yang paling mudah Anda dapat mencuci dengan air hangat. Bukan lilinnya yang ditakutkan, tapi untuk mencegah terkonsumsinya residu pestisida pada kulit buah sebelum pelilinan.
sumber gambar: www.republika.co.id

Perlu diketahui, pemakaian air biasa tidak akan mampu membersihkan lilin yang menempel di kulit buah. Karena air biasa tidak akan melelehkan/melepaskan lilin yang menempel di kulit buah, sehingga pestisida akan tetap tersisa pada kulit buah.

Jadi bagaimana? Masih ragu dalam mengkonsumsi buah Impor? Semoga saja tidak, karena dengan teknik yang benar, Anda dapat mengkonsumsi buah dengan aman dan gizi yang terkandung di dalamnyapun tidak berkurang.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: