Ayo Menanam dan Rasakan Manfaatnya

Dulu, waktu kuliah saya pernah sesumbar dalam menatap masa depan. Saya beritikad, kalau saya sudah kerja nanti, saya harus punya kendaraan sendiri dan sebelum menikah saya harus punya rumah sendiri. Ternyata, dari mimpi yang kelihatannya tidak mungkin itu, saya berhasil memilikinya sekarang. Padahal kalau dilihat dari gaji yang saya peroleh setiap bulannya, sepertinya hal itu mustahil tercapai. Tapi, itulah kenyataannya, saya telah memiliki kendaraan dan rumah sendiri.
Nah, di rumah yang saya tempati sekarang, tampak banyak tanah yang menganggur. Karena luas tanah yang memiliki luas 15 x 20 itu, saya hanya mampu membangun rumah seluas 10 x 12 meter saja. Jadi otomatis, ada 8 meter tanah yang tersisa dibagian belakang.
Karena, ingin memanfaatkan tanah di belakang itu, saya memasang tali jemuran di sana. Tapi, rupanya tanahnya masih banyak sisanya.
Karena bingung diisi apa, akhirnya dalam beberapa bulan tanah di belakang ditumbuhi banyak rumput liar. Untunglah, pada suatu waktu, secara tidak sengaja saya melihat ada batang lombok/cabe yang tumbuh, dalam hati saya berpikir, inikan, tanaman lombok, kenapa tanah yang tersisa ini tidak saya ditanami tanaman yang berguna saja, pikir saya lagi.

Akhirnya dibelakang rumah secara perlahan saya tanami berbagai tanaman yang bermanfaat, seperti: daun katuk, tomat, kangkung, jahe, kunyit, pisang sampai anggur! Dan alhamdulillah, tanaman yang saya tanam itu sudah tumbuh bahkan ada yang sudah bisa saya panen.


Selain, mendapatkan bahan makanan yang segar setiap harinya, dengan menanam tumbuhan tadi kita tidak perlu menguras kantong lebih dalam, karena bahan makanan itu sudah tersedia untuk kita. Padahal, kalau saja saya tidak menanam, bisa dipastikan uang 100 ribu akan melayang untuk membeli cabe 1 kilogram saja. Karena, harga cabe di kalimantan telah menembus angka 100 ribu untuk satu kilogramnya semenjak BBM naik.
Dengan menanam tumbuhan itu juga, secara otomatis memaksa saya untuk berolahraga. Dimana biasanya kebiasaan baik itu jarang saya lakukan, karena saya lebih memilih tidur dari pada berolahraga. Dan manfaat terakhir adalah dengan menanam tanaman, kita juga turut membantu mengurangi polusi yang ada didunia dan tentu saja mata kita akan selalu dimanjakan oleh pesona tanaman yang kita tanam tadi. Baca Juga: Cara Menanam, Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga

Bagaimana? Banyakkan manfaat dari bertanam? Ayo, bertanamlah mulai sekarang...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: