Cara Menghilangkan Sifat Berbohong

Berbohong? Siapa yang tidak pernah melakukannya. Baik itu untuk kebaikan maupun dengan maksud untuk menutup kejahatan kita sendiri, baik itu dalam skala ringan maupun skala berat. Baik itu jarang dilakukan maupun seringkali dilakukan.
kita pasti paham jika berbohong itu tidak diperbolehkan, tapi ada situasi yang diperbolehkan untuk berbohong. Apa saja itu: pertama berbohong untuk mendamaikan kedua orang yang sedang berkelahi, kedua berbohong untuk menyelamatkan nyawa seseorang, dan yang ketiga bohong dalam rangka menyenangkan istri.
Berbohong secara umum tidak baik untuk dilakukan, dikarenakan banyaknya efek negatif yang ditimbulkan. Yang mana bila sering kita lakukan, akan menurunkan kepercayaan orang kepada kita, hal ini dikarenakan cerita atau berita yang kita sampaikan tidak sesuai dengan sebenarnya.

Lalu, apa yang mesti kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan berbohong kita. Baiklah, di bawah ini adalah tips mengurangi dan menghentikan kebiasaan berbohong:


1.ingatlah setiap perbuatan dan perkataan kita selalu diawasi sang Pencipta. Sehebat apapun kita menyembunyikan perilaku buruk kita itu, pasti tidak akan bisa lepas dari pengawasan Tuhan.
2.Setiap kali kita ingin berbohong ingatlah bahwa perbuatan tersebut akan berakibat buruk terhadap kita. Bisa jadi, bohong kita lakukan itu dikonfirmasi oleh orang yang kita bohongi, itu akan membuat orang yang kita beri berita bohong tidak akan mempercayai setiap kata-kata yang kita ucapkan.
3.Lebih baik memilih diam dari pada banyak bicara. Karena, peluang besar orang berbohong adalah bagi mereka yang banyak berbicara. Karena dengan banyak bicara, peluang kita 'memplintir' kata-kata pun semakin besar.

4.Setiap kali ingin berbohong, ingatlah bagaimana sakitnya hati kita sendiri, ketika seseorang bercerita tetapi berbohong. Begitu juga dengan perasaan orang lain, akan terasa sakit bila cerita yang kita ceritakan padanya ternyata adalah cerita bualan kita belaka. Baca Juga: Cara Terampuh Mengatasi Demam Panggung
Loading...

Subscribe to receive free email updates: