Cara Mudah Mencegah Tuberkulosis (TBC)

Penyakit tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TBC, merupakan penyakit pernafasan yang sangat mematikan. Selain karena bakteri ini susah diberantas, hal yang membuatnya tetap bertahan hingga kini adalah mudahnya bakteri ini menyebar dari satu orang ke banyak orang hanya melalui udara!
Bailkah, kali ini saya akan share, bagaimana cara mudah mencegah penyakit tuberkulosis ini:
Sebenarnya pencegahan dan penanggulangan penyakit menular ada tiga pendekatan, yaotu: isolasi penderita untuk mengurangi kontak dan membatasi ruang gerak penderita, memutus mata rantai penularan dengan meningkatkan sanitasi lingkungan dan yang terakhir menerapkan pola hidup sehat.

Adapun tindakan nyata untuk mencegah penularan tuberkulosis (TBC) adalah:
1.Oleh penderita: dapat dilakukan dengan menutup mulut sewaktu batuk dan membuang dahak tidak di sembarang tempat.
2.Pada bayi dapat dilakukan vaksinasi BCG.
3.Desinfeksi berupa cuci tangan dan tata rumah tangga kebersihan yang ketat, perlu perhatian khusus terhadap muntahan dan ludah (piring, handuk, tempat tidur, pakaian), ventilasi rumah yang memadai, sinar matahari yang cukup serta rajin menjemur tempat tidur, handuk, dan perlengkapan yang dapat menjadi media penular penyakit tuberkulosis (TBC).
4.Imunisasi orang-orang kontak. Tindakan pencegahan bagi orang-orang yang sangat dekat (keluarga dan petugas kesehatan) dan lainnya yang terindikasi dengan vaksin BCG dan tindak lanjut bagi positif tertular.
5.Menghindari percikan ludah/dahak melalui ventilasi yang efektif di kendaraan umum atau tempat umum. Pencahayaan di rumah harus mendapatkan pencahayaan langsung dari matahari karena dengan pencahayaan itu, kuman/bakteri bisa mati.
6.Gizi seimbang, karena apabila tubuh kita kuat, maka bakteri/kuman tuberkulosis tidak akan dapat menyebabkan kita terinfeksi tuberkulosis. Makanan yang baik untuk mencegah tuberkulosis adalah makanan tinggi protein dan tinggi kaori. Menurut sebuah penelitian makanan tersebut dapat membunuh bakteri tuberkolosis.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: