Cara Termudah Menilai Anda Terkena Apendisitis (Usus Buntu)

Apendisitis? Mungkin Anda asing dengan kata yang satu ini? Tapi bagaimana jika saya sebutkan usus buntu, kemungkinan besar Anda mengetahuinya. Ya, usus buntu adalah sebutan orang awan untuk apendisitis. Padahal pengertian sebenarnya adalah peradangan pada usus buntu.
Tanda dan Gejala dari usus buntu (Apendisitis) ini adalah: nyeri pada perut kanan bagian bawah, mual, muntah, kurang nafsu makan, malas, demam yang tidak terlalu tinggi, kadang susah buang air besar terkadang malah diare.
Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menyakinkan kalau penyakit yang Anda derita adalah apendisitis (usus buntu)? Berikut beberapa langkah menentukan apakah Anda terkena usus buntu atau tidak?
1.Apakah nyeri (sakit) yang Anda alami berpindah? Jika ya, maka beri poin 1 pada penilaian Anda. Tapi, jika tidak, beri nol pada penilaian Anda.
2.Apakah Anda mengalami tidak ada selera makan? Jika ya, maka beri poin 1 pada penilaian Anda dan 0, jika Anda tidak merasakannya.
3.Apakah Anda merasa mual atau muntah-muntah? Beri poin 1 jika ya dan 0 jika tidak.
4.Apakah Anda merasakan nyeri perut kanan bawah? Jika ya beri poin 2, tapi bila tidak beri poin 0.
5.Apabila ada seorang Dokter/perawat/keluarga yang menekan perut Anda, lalu Anda merasakan sakit, berikan poin 1 untuk itu. Tapi jika tidak beri angka 0 pada penilaian Anda.
6.Apakah Anda demam (lebih dari 37,6 C)? Jika ya, beri poin 1 dan jika tidak beri poin 0.
7.Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat memeriksakan darah anda. Yang perlu anda periksakan adalah darah lengkap atau biasa disingkat DL. Nah, dari hasil darah lengkap tersebut, biasanya memuat hasil leukosit (sel darah putih). Lihat hasilnya jika hasil leukosit Anda lebih dari 10.000 maka beri poin 1, tapi jika sama atau lebih rendah beri poin 0.
8.Penilaian terakhir adalah shift to the lift. Apa pula itu? Shift to the lift adalah peningkatan jumlah netrofil (baik batang maupun segmen) relatif dibandingkan limfosit  dan monosit. Infeksi yang disertai dengan shif to the lift biasanya infeksi bakteri dan malaria.

Lalu bagaimana menilainya? Tenang, Anda tidak perlu pusing, coba lihat hasil darah lengkap Anda tadi, di hasil darah tadi biasanya tercantum juga hasil jumlah nefrofil, limfosit dan monosit. Jika terjadi peningkatan beri poin 1 dan jika tidak beri poin 0.
Nah, dari ke 8 penilaian tadi, tugas Anda sekarang adalah menjumlahkan poin yang Anda milki, jika: poin Anda 1-4 berarti sangat mungkin bukan apendisitis akut, jika poin Anda 5-7 sangat mungkin apendisitis akut, dan jika poin 8-10 pasti apendisitis akut.

Bagaimana? Mudah bukan dalam menentukan Anda terkena apendisitis (usus buntu) atau tidak? Selamat mencoba.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: