Kegiatan Jokowi Di KTT APEC

Perhelatan akbar pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) yang digelar hari ini (10/11/2014) menghadirkan 22 negara anggota. Salah satu negara yang turut hadir adalah Indonesia, melalui Presiden terpilih 2014 – 2019, Joko Widodo.
KTT APEC sendiri dimulai pada tahun 1989 di Canberra, Australia. Dimana pergelaran KTT APEC ini digelar setiap tahun dan sampai sekarang sudah berlangsung selama 26 kali. Dan Indonesia sudah dua kali melakukan pertemuan APEC ini, yaitu: di Bogor dan terakhir di Bali.
Lalu, apa rencana kegiatan Joko Widodo (Jokowi) selama mengikuti KTT APEC, berikut rincian Rencana Kegiatan Joko Widodo (Jokowi) di KTT APEC:
1.Menjadi salah satu dari tiga pembicara kunci
Joko Widodo akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara di pertemuan pemimpin negara ekonomi APEC. Selain Jokowi, Presiden yang akan menjadi pembicara di KTT APEC adalah: Presiden Amerika Sericat (Barack Obama), dan Presiden China (Xi Jinping) selaku tuan rumah.
2.Menjalin Hubungan Kerjasama (Bilateral).
Disela-sela pertemuan APEC, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar pertemuan dengan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Barack Obama, Shinzo Abe (Perdana Menteri Jepang), Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia, dan Presiden China (Xi Jinping).

3.Kunjungan ke Kota di China.
Rencananya Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau proyek pembangkit listrik dan pelabuhan yang ada di Tianjin. Ini sebagai wujud nyata keseriusan Joko Widodo akan bidang maritim dan tol laut yang didegung-degungkannya selama masa kampaye dulu.
4.Menegaskan Prinsip Jokowi

Berbeda dengan Presiden sebelumnya ( Susilo Bambang Yudhono) yang berprinsip bahwa nol musuh dan seribu kawan lebih baik, Jokowi akan menegaskan posisi Indonesia di mata dunia, kalau Indonesia memegang prinsip, semua bisa dijadikan kawan, tapi kalau sampai Indonesia dijadikan bahan lecehan dan mengancam kepentingan Nasional maka negara tersebut layak untuk di musuhi.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: