Mengenal Kuman Mycobacterium Tuberculosis

Hmm...kali ini gue akan membahas tentang Tuberkulosis paru. Lebih tepatnya Kuman penyebab Tuberkulosis paru, hehe...yaitu: Mycobacterium tuberculosis.
Walaupun namanya amat keren, tapi jangan salah perilakunya amat sangat tidak keren sob, karena ulahnya WHO memperkirakan bakteri ini telah membunuh 2 juta jiwa setiap tahunnya! Wow...mengerikan bukan?
Bakteri ini pertama kali dideskripsikan pada tanggal 24 maret 1882 oleh Robert Koch. Bakteri ini sangat kuat sob, sehingga memerlukan waktu yang sangat panjang untuk mengobatinya, dimana dia lebih sering menginfeksi paru-paru! Tanya kenapa? Karena paru-paru menyediakan cadangan oksigen yang besar sob, gethoo...
Bakteri ini berbentuk batang lurus dan agak bengkok dengan ukuran 0,2-0,4 x 1-4 um, tidak membentuk spora dan termasuk bakteri aerob.Nah sob, bakteri ini mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada proses pewarnaan. Oleh karena itu bakteri Tuberkulosis ini disebut juga sebagai Bakteri Tahan Asam (BTA).

Satu hal lain sob, mengenai bakteri ini yaitu akan mati jika berada dalam lingkungan temperatur 6 derajat celcius selama 15-20 menit, dan jika terkena sinar matahari langsung selama 2 jam! Itulah sebabnya sob, mengapa pada penderita Tuberkulosis atau orang sehat yang ingin menghindari Tuberkulosis dianjurkan untuk membuka jendela, ventilasi agar sinar matahari dapat masuk kedalam rumah... sehingga kumannya langsung TEPAR, haha...

Gimana Sob, udah kenal kan ama bakteri satu ini kan? Kalau belum, kenalan atuh...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: