Semburan Lumpur Gas Menyerang Kota Balikpapan

Semburan lumpur di balikpapan menjadi perhatian publik. Bagaimana tidak, semburan lumpur itu telah melumpuhkan dua rumah warga dan satu rumah ibadah di balikpapan! Dan hebatnya lagi semburan lumpurnya mencapai 10 meter! Wow ...
Kronologis terjadinya semburan lumpur di balikpapan adalah karena unsur ketidak sengajaan. Dimana warga Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur, yang kesulitan air, ingin membuat sumur di dekat Masjid Al Ikhlas. Ternyata setelah menggali kurang lebih 60 meter, bukannya air yang didapat, malah semburan gas dan lumpur yang datang.
Tentu saja semburan lumpur yang begitu dasyat itu membuat panik warga RT 30, Kelurahan Manggar Balikpapan bagian Timur, Kalimantan Timur. Seketika warga setempat teringat kasus lumpur Lapindo yang sampai sekarang masih melumpuhkan ratusan rumah warga di Sidoarjo.
Karena kasus itu, Warga RT 30, Kelurahan Manggar Balikpapan bagian Timur, Kalimantan Timur mengungsi ke daerah yang lebih aman, yaitu: di Debarkasi Haji Balikpapan. Dimana jarak tempuhnya kurang lebih lima kilometer dari lokasi semburan lumpur tersebut.
Dugaan sementara, semburan lumpur di Balikpapan ini dikarenakan galian warga setempat (Warga Rt 30, Kelurahan Manggar Balikpapan bagian Timur, Kalimantan Timur) mengenai pipa gas, sehingga menimbulkan semburan gas dan lumpur secara bersamaan.
sumber: www.tribunnews.com

Untuk mengatasi semburan lumpur yang terus menyembur, kurang lebih 350 personil Batalyon Zeni Tempur dan Batalyon 600 Raiders diturunkan. Di mana dengan kehadiran para prajurit itu, semburan lumpur di Balikpapan dapat dibendung dan dialirkan ke sungai Manggar. Tapi sebelum menurunkan prajurit, pemerintah setempat mendatangkan karyawan Pertamina untuk memeriksa semburan gas dan lumpur, apakah aman atau tidak? Setelah dinyatakan aman baru prajurit tersebut diturunkan.

Tentu saja dengan kejadian ini, Warga sekitaran Balikpapan, segera datang ke lokasi kejadian semburan gas dan lumpur tersebut. Hal ini menyebabkan arat TNI harus melakukan penjagaan ketat,  agar warga diberbagai penjuru Balikpapan itu tidak mendekati lokasi kejadian dan meminta mereka yang merokok untuk pergi jauh dari semburan gas dan lumpur tersebut. 
Loading...

Subscribe to receive free email updates: