Cara Ampuh Menjadi Pribadi Yang Lebih Bernilai

Anda merasa kurang percaya diri bila bergaul dengan orang lain. Anda merasa tidak berguna dalam hidup ini? Atau anda merasa tidak memiliki kelebihan apa-apa dibandingkan dengan orang lain? Jika ya, mulai sekarang rubahlah pola pikir negatif anda menjadi pikiran yang positif terhadap diri anda sendiri.
Apa yang mau dirubah? Saya memang tidak memilki kelebihan apa-apa dibanding orang lain? Saya memang tidak memilki tubuh yang sempurna seperti tubuh orang lain? Saya memang tidak memilki paras yang rupawan (cantik/ganteng) seperti orang lain? Saya juga tidak memilki harta yang melimpah, malah saya selalu kekurangan dalam hal ekonomi (miskin)?
Stop! Jangan siksa pemikiran anda dengan alasan diatas! Ingat, setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau anda merasa memilki kekurangan yang banyak sekarang, alangkah lebih baiknya anda menggali/mencari tahu apa sisi positif/kelebihan yang anda miliki, dari pada terus menerus berkeluh kesah  akan kekurangan kalian. Kalau perlu, kalian mencontoh perkataan Presiden Soekarno yang mengatakan, “Kekuranganku adalah kelebihanku”.


Bagaimana caranya agar kekurangan kita menjadi kelebihan kita? Kita bisa mencontoh salah satu artis sinetron, Prety Asmara. Dimana seperti yang kita ketahui, ia pernah menjadi bulanan teman-temannya karena memilki berat tubuh yang berlebih (Gemuk), tapi lihat sekarang, ia bisa membuktikan pada teman-temannya dengan tubuhnya gemuk, ia bisa menjadi selebritis Indonesia.
Itu hanya salah satu contoh. Apabila kalian merasa tidak punya kelebihan apa-apa, mulai sekarang carilah kelebihan anda. Salah satunya, bisa melalui hobi anda yang senangi atau anda gemari. Baiklah, kita ambil lagi contoh pengarang serial Lupus yang terkenal, Hilman.
Hilman yang dulunya merasa tidak memilki kelebihan apa-apa selalu melihat iri pada teman-temannya yang banyak ‘lebihnya’ dari pada dirinya. Temannya hebat-hebat dalam main basket, jago dalam bidang mata pelajaran, bandingkan dengan dirinya yang tidak memilki kelebihan dibidang tersebut. Tapi, ia tidak terpuruk, ia ingin membuktikan pada orang sekitarnya bahwa ia memilki kelebihan yang orang lain tidak punya, yaitu dengan mengarang (membuat cerita).
Perlahan tapi pasti, ia menyusun sebuah impian besar ke depan. Ia berlatih dan berlatih untuk menjadi pengarang terkenal dengan cara bekerja di salah satu penerbit majalah di Indonesia. Perlahan, tapi pasti juga ia dapat mewujudkan cita-citanya. Ia menjadi pengarang terkenal bahkan ia kini bisa dikatakan lebih ‘populer’ dibandingkan dengan teman-temannya dulu waktu bersekolah.
Lalu, apa rahasia agar bisa menemukan ‘kelebihan’ diri sendiri? Ya, itu bisa anda jawab sendiri, karena yang tahu diri kita adalah kita sendiri. Kita tentunya lebih tahu akan keinginan kita, impian kita kedepannya. Oleh sebab itu, rancanglah keinginan kita ( Baca: Cara Mudah Mewujudkan Impian ) itu untuk menjadi sebuah kelebihan. Kalau anda suka bermain musik, mulai sekarang fokuslah menekuni dunia musik, jika anda hobi mengarang, mulai sekarang belajarlah untuk menjadi mengarang yang baik dan benar. Karena di dunia ini tidak ada instan! Semuanya perlu kerja keras dan tetesan keringat bahkan cucuran darah, sampai kita berhasil dan akhirnya memilki ‘kelebihan’ dibanding orang lain. Ingat, setiap kita pasti memiliki kelebihan, kalau kita tidak memilki kelebihan, berarti kita belum mengenal diri kita sendiri!

Kalaupun anda sekarang belum bisa menunjukkan ‘kelebihan’ anda pada orang lain dan diri anda sendiri, maka tidak ada salahnya anda mencari ‘kelebihan’ yang lebih mulia di dunia ini, yaitu: dengan mendekatkan diri pada sang Pencipta. Walaupun, anda memilki kecacatan ditubuh anda atau memilki harta yang minim, tapi dengan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, kalian telah memilki ‘kelebihan’ iman dibandingkan dengan orang lain. Karena, apa sih artinya dunia ini, jika diakherat kelak kita disiksa? Benar tidak? Ayo, mulai sekarang carilah ‘kelebihan’ lain yang dapat membuat kalian percaya diri lagi.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: