Ternyata Kecap Manis Bisa Menyebabkan Hipertensi!

Hipertensi atau orang awam mengatakan dengan tekanan darah tinggi merupakan tekanan arteri yang tinggi dan tidak normal (abnormal) pada sirkulasi sistemik (seluruh tubuh). Yang mana tekanan sistolik (bunyi pertama yang didengar) lebih dari 160 mmHg dengan tekanan diastolik (bunyi terakhir didengar) lebih dari 95 mmHg atau biasa langsung disingkat lebih dari 160/95.
Pendapat sekarang tentang perjalanan penyakit hipertensi adalah adanya kelainan dalam sistem pengawasan yang gagal menurunkan tekanan arteri menjadi normal atau bisa disebut sebagai penyakit pengaturan. Penyebabnya bisa karena kelainan ginjal atau hormonal (tapi hanya 5-10% dari kasus), genetik, jenis kelamin (perempuan lebih banyak menderita hipertensi), stress, maupun dari makanan.


Salah satu makanan yang wajib dibatasi pemakaiannya adalah garam. Garam dibatasi bukan karena rasanya yang asin melainkan karena kandungannya (sodium dan natrium). Dalam tubuh natrium diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, tapi tubuh hanya memerlukan 500 mg natrium atau setara dengan ¼ sendok teh garam. Sedangkan garam yang merupakan bagian natrium masih aman dikonsumsi sampai 1 sendok teh saja.
Lalu, apakah garam saja produk makanan yang harus dibatasi? Sayangnya tidak. Ada beberapa produk makanan yang lepas dari pandangan kita, salah satunya adalah kecap manis. Kecap manis? Ya, penambah cita rasa ini ternyata juga memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Satu sendok makan kecap manis mengandung 698 mg natrium! Maka tak salah, jika ada beberapa produk kecap manis memiliki komposisi garamnya justru lebih banyak dari kecap asin.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan orang yang menderita hipertensi yang menyukai kecap manis? Sebaiknya, penderita tekanan darah tinggi ini melihat label pada kemasan kecap manis untuk melihat kandungan natriumnya sedikit atau tidak. Jika tidak melihat komposisi natrium mapun sodiumnya lebih baik tinggalkan saja produk tersebut. Selain produk makanan di atas, sebaiknya penderita hipertensi menghindari makanan berlemak, makanan berminyak/bersantan, makanan cepat saji maupun makanan kalengan.
Dengan seabrek larangan makanan untuk penderita hipertensi, lalu makanan apa yang bisa digunakan untuk mencegah atau mengurangi penyakit hipertensi ini? Makanan yang baik untuk hipertensi salah satunya adalah sayur mayur yang kaya akan serat, tapi ingat pengolahan sayur jangan memakai garam, saos, micin yang berlebihan. Makanan selanjutnya adalah buah. Selain makanan di atas, penderita hipertensi juga perlu melakukan olah raga non kompetisi seperti: joging, sepeda statis dan berenang. Lalu, penderita hipertensi wajib mengatur pola hidup (menghindari merokok, minuman beralkohol, tidur teratur) dan menjaga emosi agar stabil.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: