Makanan Sehat Untuk Jantung Bernama OAT

Apa makanan yang baik untuk penderita jantung? Banyak. Salah satu makanan yang diyakini baik untuk jantung adalah OAT. Apa itu OAT? OAT atau yang dikenal dengan oatmeal atau rooled oats adalah sejenis tanaman keluarga gandum, dimana tiap bulir OAT ini terdiri 4 lapisan, yaitu: Sekam, kulit luar, lapisan isi dan serat.
Dilapisan ini: sekam merupakan lapisan yang tidak bisa di makan, kulit luar kaya vitamin dan mineral, sedangkan lapisan isi merupakan sumber protein, karbohidrat dan serat larut inti merupakan sumber minyak dan protein. Dari tiap lapisan itu, Anda pasti tahu mengapa makanan ini baik bagi penderita jantung.

Pada tahun 1980 sampai dengan tahun 2008 dilakukan ratusan penelitian akan khasiat OAT ini. Dari beberapa penelitian terungkap kalau makanan oat ini memiliki khasiat menurunkan kolestrol jahat dengan rentang 2 – 29,6% baik pada pria maupun pada wanita.

Lalu, dari khasiat OAT tersebut, apa hubungannya dengan makanan yang baik untuk jantung? Perlu diketahui dengan memakan OAT yang kaya serat, maka pada saat dicerna hati akan mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang nantinya akan digunakan untuk mencerna lemak. Tapi, ketika kita mencerna OAT, beta glucan membentuk gel serat, mengikat asam empedu, kolesterol dan lemak lain agar tak terserap di usus halus, tapi langsung dibuang lewat tinja. Mekanisme tubuhpun bereaksi, hati akan mengganti asam empedu yang hilang dengan mengambil kolestrol darah. Nah, saat inilah kolestrol darah menurun. Jika, kolestrol darah turun, maka peredaran darah termasuk di jantung akan semakin lancar tanpa ada halangan dari kolestrol.
Dari manfaat OAT tersebut, berapa takaran perhari OAT yang disantap? Agar kerja OAT maksimal sebaiknya mengkonsumsi OAT  minimal 70 gram OAT atau setara dengan 8 sendok makanan. Dan untuk maksimal sebaiknya OAT dikonsumsi bersama makanan rendah lemak dan kolestrol lainnya, seperti buah-buahan (Apel, pepaya, maupun pisang).
Selain bermanfaat menurunkan kolestrol jahat, OAT juga berguna membantu mengolah sari makanan untuk diragi. Dimana hasil akhirnya kita akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.
Mengenai pengolahan OAT ini sendiri dapat menyesuaikan selera Anda. OAT bisa dicampur dengan segelas air susu hangat, ditambah madu, atau bisa juga ditambah dengan buah-buahan, bahkan OAT dapat diramu menjadi OATmeal dengan cita rasa Indonesia.

Dari paparan di atas, tentu memilih OAT sebagai menu wajib anda akan mendatangkan keuntungan. Jangan sampai kita menyesal kemudian hari, karena menumpuk kolesterol jahat ditubuh kita. Yang nantinya akan berefek buruk buat jantung kita. Jadi ... lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan?
Loading...

Subscribe to receive free email updates: