Manfaat Terdasyat Dari Ikan Untuk Kesehatan Jantung Anda

Anda ingin mencegah penyakit jantung? Atau sekarang Anda menderita sakit jantung? Kalau Anda menganggukkan kepala di salah satu pertanyaan di atas, maka mulai sekarang perbanyaklah makan ikan. Apa hubungan mencegah dan mengobati sakit jantung dengan ikan? Berikut ulasannya:
Pada ikan terkandung dua tipe asam lemak omega 3, yaitu eicosapentanoic dan docosahexanoic acid. Dimana asam lemak tersebut masuk kedalam asam lemak tak jenuh rantai panjang yang berguna untuk memproteksi/mencegah jantung dari penyakit jantung koroner (PJK).


Pada sebuah penelitian tentang penyakit jantung (Atrial Fibrilasi: sejenis gangguan irama jantung yang menyebabkan jantung berdenyut tidak teratur) yang dilakukan pada 5.000 subyek, Peneliti menemukan seseorang yang mengkonsumsi ikan bakar atau direbus dengan porsi 1-4 kali perminggu selama kurang lebih 12 tahun, resiko atrial fibrasi turun hingga 28%, sedangkan mereka yang mengkonsumsi ikan 5 kali atau lebih perminggunya, insiden (terjadinya) atrial fibrasi-nya turun hingga 31%.

Cara kerja daging ikan dalam memproteksi tubuh dari gangguan irama jantung sampai saat ini belum diketahui secara jelas. Tapi, dugaaan sementara hal ini dikarenakan efek asam lemak omega 3. Dimana omega 3 mampu menurunkan eksitabilitas dan fluktuasi kalsium dalam sel-sel jantung, melalui penghambatan kanal-kanal elektrolit yang terdapat pada membran sel.
Walaupun tidak dijelaskan ikan apa yang sebaiknya dikonsumsi, para peneliti menekankan untuk mengolah ikan secara benar. Karena dari pengolahan daging ikan yang benar, maka kandungan yang bisa memproteksi gangguan irama jantung bisa didapatkan. Hal yang mesti dihindari dalam pengolahan daging ikan adalah dengan cara digoreng karena hal ini berpotensi menghilangkan komposisi nutrien yang sangat dibutuhkan dan dimanfaatkan bagi kesehatan jantung. Selain menghilangkan komposisi nutrien, pengolahan ikan dengan digoreng juga berpeluang meningkatkan risiko penyakit karidovaskuler (jantung), karena kandungan trans-fatty acid dan oksidasi lipid pada minyak goreng (apalagi minyak goreng yang telah dipakai berkai-kali).
Pengolahan ikan yang mesti dihindari selanjutnya adalah pengolahan ikan dengan cara dikalengkan, selain menghilangkan manfaat dari ikan (mengurangi kandungan omega 3 alami pada ikan), pengolahan dengan cara dikalengkan juga dinyakini penuh dengan bahan pengawet yang tidak baik bagi tubuh.
Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat daging ikan adalah dengan cara dibakar, dipanggang maupun direbus. Dengan dibakar, dipanggang maupun direbus, kelembapan ikan dapat tetap dipertahankan . sehingga kandungan gizinya tidak banyak yang terbuang. Lalu, bagaimana dengan ikan yang menggunakan microwave? Makanan yang diolah menggunakan microwave juga tidak akan menyebabkan kerusakan asam lemak omega 3 secara berarti.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: