7 Fakta Mengejutkan Dari Belut Listrik

Belut Listrik? Dari namanya saja Anda pasti bisa menebak kalau hewan satu ini mempunyai listrik di tubuhnya. Ikan tawar yang biasa ditemukan di Sungai Amazon ini memang terkenal dapat menghasilkan aliran listrik yang kuat. Saking kuatnya, seekor buaya yang bobot tubuhnya beratus kali lipat dari tubuhnya saja dapat ia kalahkan hanya dengan sengatan listrik di tubuhnya!
Seekor Belut listrik dapat menghasilkan aliran listrik yang kuat dikarenakan di bagian tubuhnya (dibagian ekor) terdapat baterai-baterai kecil yang jumlahnya sangat banyak yang akan aktif dan menghasilkan listrik super dahyat jika ia merasa terancam. Selain fakta tadi, Belut listrik juga memiliki hal-hal mengejutkan pada tubuhnya. Apa saja itu? Berikut 7 fakta mengejutkan tentang Belut Listrik:

1.Belut listrik dewasa dapat menghasilkan arus listrik yang luar biasa hebatnya, yaitu: 600 – 800 volt. Dimana dengan pencapaian tersebut, Belut listrik merupakan makhluk hidup di dunia yang dapat menghasilkan arus listrik terbesar di dunia.
2.Dalam mencari mangsa, Belut listrik tidak menggunakan indera penglihatannya (mata) melainkan dari tegangan arus listrik yang kecil yang dapat mendeteksi keberadaan buruannya. Mata dari belut listik ini tidak dapat digunakan dalam mencari mangsa karena matanya buta. Beberapa peneliti memperkirakan butanya mata sang belut listrik ini dikarenakan aliran listrik di tubuh ikan licin tersebut.
3.Area yang paling berbahaya pada Belut Listrik adalah bagian kepala. Dimana kepala dinyakini memiliki arus positif (ada menyatakan arus negatif) dan pada bagian ekornya negatif.
Sumber: www.YouTube.com

4.Hampir 7/8 dari tubuhnya berupa ekor. Pada bagian mulut, Belut Listrik tidak mempunyai gigi taring untuk mencabik-cabik mangsa, jadi untuk makan Belut listrik menggunakan mulutnya seperti penyedot yang akan langsung memasukkan mangsa ke dalam mulutnya.
5.Belut listrik  sering muncul ke permukaan air. Tujuannya bukan untuk makan tapi untuk bernafas.
6.Belut listrik terpanjang yang pernah ditemukan yaitu: 2,75 meter dengan berat 20 kg.

7.Ukuran Belut listrik berpengaruh terhadap kuatnya arus listrik. Sebagai perbandingan Belut listrik dengan panjang 60 cm menghasilkan 550 Volt, Belut listrik dengan panjang 78 centimeter menghasilkan 572 Volt sedangkan Belut listrik dengan panjang 108 cm menghasilkan arus listrik sebesar 860 Volt!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: