Mengapa Di Musim Hujan Kita Sering Merasa Lapar?

Mengapa pada saat hujan (dingin) kita sering merasa lapar? Pertanyaan ini menggelitik sekaligus membuat penasaran untuk dijawab. Pada musim hujan pada umumnya kita lebih cepat merasakan lapar dari pada musim kemarau. Kita lebih bernafsu makan lebih banyak dari pada musim panas. Lalu mengapa hal itu terjadi?
Pada musim hujan biasanya suhu lingkungan akan menjadi lebih dingin. Suhu lingkungan berada di bawah suhu tubuh yang normal (36,5 C s/d 37,2 C). Otomatis perubahan suhu lingkungan yang dingin ini akan mempengaruhi suhu di dalam tubuh. Jadi untuk mempertahankan suhu tubuh normal, maka secara reflek tubuh akan melakukan kompensasi yaitu dengan pembakaran kalori sehingga tubuh mencapai ambang suhu tubuh yang normal.

Proses peningkatan metabolisme (pembakaran kalori) dimusim hujan ini akan membuat kita cepat lapar. Karena peningkatan metabolisme sama halnya membakar semua makanan yang masuk dalam tubuh untuk diolah menjadi energi sehingga suhu tubuh tetap dalam rentang yang normal. Nah, karena makanan yang masuk dipakai untuk menstabilkan suhu tubuh maka untuk tetap mempertahankan suhu tubuh dan pemenuhan nutrisi bagi tubuh secara otomatis sistem pencernaan akan mengirimkan sinyal ke pada otak bahwa persediaan makanan telah menipis.

Dari pengirim sinyal itulah, otak memberitahukan kita bahwa kita perlu makan melalui proses lapar. Lapar yang kita rasakan merupakan sinyal tubuh bahwa makanan dalam tubuh sudah berkurang. Setelah adanya peringatan tersebut, kita lalu akan memenuhi rasa lapar tersebut dengan makan. Dengan makan maka proses pembakaran dapat berlangsung terus menerus sehingga suhu tubuh menjadi normal kembali.

Selain makan, tubuh akan memperingatkan kita melalui proses menggigil di musim hujan. Menggigil merupakan upaya tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh agar tidak keluar dari tubuh. Dengan menggigil kita secara tidak langsung diperingatkan tubuh untuk memakai pakaian yang tebal sehingga suhu tubuh tidak terpengaruh pada suhu lingkungan di sekitar kita. Jika kita tetap ‘bandel’ mau tidak mau tubuh akan memperingatkan kita untuk terus memproduksi panas tubuh melalui proses peningkatan metabolime yang didapatkan dari makanan. Jika makanan dalam tubuh kurang maka timbullah lapar. Itulah sebabnya mengapa dimusim hujan (dingin) tubuh kita cepat merasakan lapar.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: