5 Langkah Menilai Kesehatan Pencernaan Anda

Anda ingin tahu kondisi pencernaan Anda? Tapi Anda malas untuk berkonsultasi dengan dokter. Tenang, ada alternatif lain untuk mengetahui kondisi pencernaan Anda, yaitu melalui tinja atau feses. Seperti kita tahu tinja atau feses yang kita keluarkan itu bisa menunjukkan indikator kesehatan pencernaan kita.
Lalu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menilai feses atau tinja yang kita keluarkan sebagai indikator baik atau tidaknya fungsi pencernaan kita. Berikut 5 langkah dalam mengetahui pencernaan kita sehat atau tidak:

Pertama: Perhatikan bentuk feses atau tinja
Dari bentuk feses atau tinja dapat terlihat seseorang terkena kanker usus besar atau tidak. Dimana ciri bentuk orang yang terkena kanker usus besar adalah feses berbentuk ramping dan panjang.
Kedua: Perhatikan warna Feses atau tinja
Warna feses atau tinja yang sehat adalah berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan jika berwarna hitam bisa jadi Anda terkena melena, jika berwarna kemerahan bisa terkena hemoroid maupun ada perlukaan pada usus.

Ketiga: Perhatikan tekstur feses atau tinja
Feses atau tinja yang baik memiliki tekstur yang lunak. Jika terlalu lembut atau tampak seperti gumpalan lemak bisa jadi Anda terkena pankreatitis.
Keempat: Perhatikan bau feses atau tinja
Bau feses yang normal adalah berbau belerang. Bau yang sangat menyengat atau berbau busuk bisa jadi indikasi penyakit pencernaan. Tapi, perhatikan juga jika tidak ada flatus (kentut) karena jika tidak ada flatus maupun buang air besar bisa jadi Anda terkena Ileus.
Kelima: Apakah Anda Sembelit atau Malah Diare:
Jika Anda sering susah untuk buang air besar jangan dianggap remeh. Hal ini bisa jadi hal yang biasa buat Anda, tapi justru hal yang biasa ini akan menjadikan penyakit yang menyiksa. Sambelit bisa menyebabkan wasir (hemoroid)bjuga anal fissures (perdarahan).

Sedangkan jika Anda mengalami diare bisa disebabkan banyak hal seperti terinfeksi kuman, virus atau alergi makanan maupun obat-obatan. Untuk diare kronis yang berlangsung berulang-ulang Anda patut waspada terhadap penyakit mematikan seperti HIV AIDS!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: