Pria! Begini Cara Memeriksa Kanker Pada Testis

Kita sebagai kaum Adam kadang bersikap acuh tak acuh terhadap kesehatan organ intim kita. Padahal ada penyakit berbahaya dari organ tubuh yang satu ini. Salah satunya adalah Kanker Testis.
Perlu diketahui kanker testis merupakan kanker tersering ditemukan pada pria berusia 15 – 35 tahun! Biasanya ditemukan benjolan yang abnormal pada testis, yang mungkin merupakan tanda-tanda kanker testis.
Sebaiknya untuk pemeriksaan testis setidaknya dilakukan sebulan sekali. Apabila Anda memeriksanya sendiri, Anda akan terbiasa dengan bentuk normal testis Anda. Pemeriksaan ini dianjurkan setelah mandi atau berendam air hangat. Dimana suhu hangat akan merelaksasi skorotum sehingga Anda mudah menemukan kelainan pada testis Anda.

Berikut cara pemeriksaan testis dilakukan sendiri:
1.Berdirilah di depan cermin. Perhatikan dengan seksama apakah ada pembengkakan pada kulit skorotum.


2.  Periksalah setiap testis (Biji peler) dengan kedua tangan. Dimana jari telunjuk dan jari tengah diletakkan di bawah testis, sementara itu ibu jari diletakkan di atas testis. Putar testis antara ibu jari dan telunjuk secara perlahan. Tapi jangan panik apabila Anda menemukan salah satu testis berukuran lebih besar karena hal tersebut merupakan hal yang normal.
3.  Carilah epididimis (struktur halus menyerupai selang di bagian belakang testis yang mengumpulkan dan membawa sperma). Jangan salah dengan menyangka epididimis sebagai benjolan abnormal. Jika ditemukan ada benjolan, segera hubungi dokter. Karena pada dasarnya kanker testis bisa disembuhkan, khususnya bila diobati dengan segera.

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang, tidak ada alasan buat Anda tidak memeriksakan organ intim Anda!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: