Begini Cara Sel Kanker Menyebar Keseluruh Tubuh

Sel kanker dikenal memiliki percepatan pertumbuhan dan mutasi yang luar biasa hebatnya. Selain itu, sel kanker juga memiliki kemampuan daya tahan yang mumpuni walaupun ia mengalami kekurangan nutrisi dan faktor pertumbuhan sekalipun. Oleh sebab itu, ia dengan mudah ‘menginvasi’ tubuh inangnya tanpa halangan apapun.
Selain itu, sel kanker juga sangat lihai dalam penyebaran di tubuh ‘mangsanya’. Dimana ada dua cara penyebaran sel kanker di dalam tubuh, yakni: penyebaran secara langsung ke area sekitarnya dan penyebaran ke jaringan yang lebih jauh.
Penyebaran sel kanker secara langsung  adalah kemampuan sel kanker untuk penetrasi dan kemampuan menghancurkan jaringan di sekitarnya. Dimana ada beberapa cara yang ditempuh agar dapat menyebarkan sel kanker dalam tubuh:

Cara pertama yang ditempuh adalah: dengan cara mengsekresi (mengeluarkan) suatu zat yang nantinya akan merangsang pembentukan kapiler (pembuluh darah kecil) baru, sehingga nantinya akan meningkatkan kecepatan dan invasi jaringan terdekat.
Selanjutnya sel kanker yang terus membelah diri akan menyebabkan kepadatan ruang sehingga sel kanker akan menekan jaringan di sekitar, sehingga sel-sel tubuh yang normal akan mati.
Langkah lainnya dengan cara mengsekresi enzim sehingga merusak jaringan yang normal yang nantinya akan memberi kesempatan terjadinya invasi sel kanker. selain itu, sel kanker dapat melakukan hal yang hebat lainnya seperti kemampuan untuk bergerak sehingga memungkinkan sel kanker untuk menyebar di jaringan sekitar.
Setelah menginvasi jaringan sekitarnya, dalam jangka waktu tertentu sel kanker akan melakukan tindakan penyebaran yang lebih luas cakupannya yaitu dengan menyebar dan melekat pada struktur yang jauh dari tempat asalnya yang biasa kita dengar dengan istilah metastase.

Dimana proses metastase ini melalui jalur hematogen (penyebaran sel tumor melalui vena dan arteri), yang semula asal sel kanker berada di ginjal bisa lari ke organ lainnya seperti hati, lambung, bahkan paru.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: