Benarkah Air Es Menyebabkan Kegemukan?

Air es menyebabkan kegemukan. Itulah pernyataan teman saya, ketika kutanya mengapa ia selalu menghindari air es menemani makannya. Ketika kutanya lebih lanjut, apa penyebab air es menyebabkan kegemukan? Dengan lancar ia berkata, bahwa air es dapat membekukan lemak di dalam tubuh. Sehingga dengan bekunya lemak, maka massa tubuh akan bertambah.
Lalu, benarkah air es dapat menyebabkan kegemukan ini? Sebelum menjawab pertanyaan tadi, mari kita analisis lebih dalam. Pertama: mari kita pikirkan apakah benar air es dapat membekukan lemak? Jika menilik air es yang masuk ke tubuh kita pasti kita sepakat air es yang masuk berupa cairan bukan berupa es ‘batu’. Nah, cairan dingin yang masuk ke dalam tubuh kita tersebut, tidak akan ‘mendinginkan’ atau ‘membekukan’ lemak maupun darah karena tubuh akan menghangatkan air dingin tersebut. Dimana proses penghangatan ini sendiri dimulai pada saat air es masuk tenggorokan dan berlanjut ke lambung sehingga ketika air ini berada di usus halus, air dari es batu seperti air putih dengan suhu normal.

Jadi intinya air es/dingin tidak akan menggemukkan badan. Tapi, ingat ini hanya air es/dingin tidak dicampur dengan minuman lain. Hal berbeda akan berlaku jika es batu/air dingin dicampur dengan sirup, teh manis atau air bersoda. Seperti kita tahu, air es yang dicampur teh manis akan menyumbang kalori yang cukup tinggi. Apalagi dicampur sirup, dimana dua sendok sirup mengandung 106 kalori dan bila memakai satu kaleng soda terdiri dari 140 kalori.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: