Ini Faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Sel Kanker

Bagaimana caranya kanker dapat tumbuh dalam tubuh manusia? Ada dua hal yang menjadi faktor utama, yaitu: initiating dan promotion. Jika pada initiating  adalah awal tumbuhnya sel kanker dalam tubuh sehingga terjadi percepatan dan mutasi sel kanker sedangkan promotion membuat sel kanker berkembang hingga sel-sel normal dipengaruhi oleh satu atau beberapa agent promotion.
Pertanyaan selanjutnya akan muncul. apa saja yang masuk dalam agent promotion yang mempengaruhi perkembangan sel kanker? Berikut beberapa bagian yang masuk dalam promotion agent:

Pertama: Hormon
Hormon adalah salah satu yang berpngaruh besar terhadap proses berubahnya sel-sel normal menjadi sel-sel kanker. dimana hormon dapat meningkatkan proses karsinogenik (sel normal berubah jadi sel kanker) dengan melakukan perangsangan suatu sel.

Kedua: Zat Kimia
Zat kimia dapat merubah atau merusak DNA. Dimana zat kimia ini bisa didapatkan dari makanan sampai dengan polusi udara.
Ketiga: Virus
Virus juga dapat memberikan kontribusi terhadap terjadinya karsinogenesis pada manusia dengan cara menginfeksi DNA pejamunya sehingga terjadi mutasi sel. Dimana biasanya virus menginfeksi jaringan tertentu saja.
Keempat: Radiasi
Timbulnya sel kanker dikarenakan radiasi diyakini dapat merusak DNA sehingga menyebabkan perubahan dalam struktur DNA tersebut. Dimana dengan radiasi sel normal bisa menjadi mati atau paling tidak sel normal mengalami gangguan permanen dan menyimpang dari kontrol mekanisme normal.
Kelima: Sistem Imun
Imunitas manusia terhadap penyakit keganasan atau malignansi adalah suatu fungsi dari faktor-faktor humoral (tumor spesifik antibody) dan faktor seluler (rangsangan pada limfosit dan makrofag). Sel kanker sering membawa antigen dan bagaimanapun dikenali sebagai sel asing oleh sistem imunitas dan kemudian dihancurkan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: