Cara Membuat Anak Pintar Mengatur Uang

Mengajari anak menggunakan uang dengan bijak bukanlah hal yang mudah. Tapi, bukan juga perkara yang susah untuk dilakukan, apalagi mengajari anak untuk menggunakan uang secara bijak adalah perkara yang wajib dilakukan orang tua agar kehidupan keuangannya kelak berjalan dengan baik.
Dengan menghargai uang, anak menggunakan uang secara bijak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa ditempuh agar anak menghargai uang:
Pertama: tanamkan pada anak bahwa uang ada karena bekerja. Dimana nantinya uang yang diperoleh dari kerja keras tersebut dapat digunakan untuk membeli semua kebutuhan keluarga, termasuk mainannya maupun makanan yang dikomsumsinya.


Kedua: ajaklah anak Anda untuk berbelanja. Pada saat berbelanja, anak bisa belajar  berapa harga dari beberapa barang dan belajar menggunakan uang dengan bijak. Ajari anak untuk memilih barang yang dibutuhkan bukan berdasarkan menuruti keinginan semata melalui skala prioritas.
Ketiga: kenalkan kegunaan uang pada anak. Uang merupakan alat pembayaran sah untuk membeli barang oleh karena itu harus digunakan secara bijak agar kehidupan keuangan berjalan dengan baik. Mengajari anak tidak mesti teoritis, bisa melaui berbagai permainan, seperti: bermain monopoli atau bisa juga melalui bermain peran seperti ada pembeli ada penjual yang tentu saja dilengkapi dengan adanya uang dan barang yang akan dibeli.
Keempat: dalam penggunaan uang, orang tua sebaiknya bersikap tegas. Dimana anak membutuhkan sikap tegas dan konsisten dari orang tuanya. Sekali mengatakan ‘tidak’, kita harus konsisten dengan sikap ini, meskipun anak merengek bahkan menangis.
Kelima: jadilah contoh atau teladan yang baik buat anak Anda. Jangan harap anjuran dan nilai-nilai menabung yang sudah ditanamkan bisa meresap. Sebab, anak sendiri akan meniru apa yang orangtua lakukan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: