Empat Kelebihan Kartu Kredit Bagi Keuangan Anda

Bagi sebagian orang kartu kredit adalah sesuatu yang mesti dihindari karena dapat menyebabkan seseorang menjadi konsumtif bahkan sampai terlilit hutang. Padahal jika kita memakai kartu kredit dengan bijak, kartu kredit justru menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan pembayaran secara tunai atau cash.
Apa saja keuntungan dari kartu kredit ini? Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan kartu kredit:
1.   Penyelamat disaat darurat
Dengan kartu kredit yang Anda miliki, Anda dapat ‘memiliki’ sesuatu mesti kita belum mampu untuk memilkinya. Tapi, perlu diingat ini dalam hal yang positif bukan hal yang melebihi batas kemampuan, misalnya: pada saat membeli obat tertentu yang sangat dibutuhkan atau untuk membeli tiket karena ada urusan yang mendadak.


2.  Praktis dan Aman
Dibandingkan dengan uang cash, penggunaan kartu kredit tentu lebih praktis karena kita tidak harus membawa uang yang dapat memenuhi dompet kita dan kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar sesuatu. Selain praktis, penggunaan kartu kredit dinilai lebih aman dibandingkan dengan pemakaian uang tunai.
3.  Lebih hemat
Mengapa lebih hemat? Dengan penggunaan kartu kredit sebenarnya kita justru dapat memperhitungkan pengeluaran secara cermat dan pembayaran kartu kredit membayar sesuai dengan nominal yang ada dalam nominal tagihan, kalau harga barang seharga 201.565 rupiah maka Anda akan membayar seharga itu, bandingkan jika kita membayar secara cash maka bisa kemungkinan kita membayar 201.600 rupiah atau bisa membayar 202.000 jika tidak ada uang kecil atau sialnya jika dibayar kita mendapatkan permen beberapa butir. Kalaupun kita dibayar dengan uang receh, kemungkinan besar kita akan mengabaikan uang tersebut.
4.  Berbagai promosi dan bonus menarik
Kepemilikan kartu kredit biasanya menawarkan nilai lebih bagi pemiliknya, misalnya: berbagai promosi dan diskon yang menarik, seperti: diskon belanja, pembayaran secara cicilan, jaminan asuransi bahkan berpeluang mendapatkan undian berhadiah. Hal ini tentu saja tidak berlaku bagi konsumen yang membayar secara tunai.
Itulah empat keunggulan kartu kredit dibanding tunai. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk memiliki kartu kredit? Apakah pada saat kita mempunyai penghasilan yang tetap? Atau ketika kita mampu menyisihkan uang dari penghasilan kita? Sebenarnya waktu yang baik untuk memiliki kartu kredit adalah ketika kita siap memikul tanggung jawab. Karena, perlu diingat kartu kredit bukanlah sebuah hadiah tapi dia adalah sebuah tanggung jawab pemiliknya terhadap keuangannya sendiri.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: