Lima Faktor Yang Menyebabkan Kepikunan Diusia Muda

Pikun sering dikaitkan dengan orang tua, padahal penyakit gampang lupa ini bisa menyerang usia muda. Dimana kepikunan ini berkaitan erat dengan fungsi memori, dimana organ yang bertanggung jawab penuh terhadap fungsi ini adalah organ otak.  Lalu, apa yang menyebabkan seseorang yang masih berusia muda terkena penyakit pikun ini? Berikut lima faktor yang menyebabkan kepikunan pada usia muda:
1.   Kurang Istirahat
Seperti kita tahu dalam sehari kita dianjurkan untuk tidur 6 – 8 jam, dimana dengan tidur secara alami sel-sel di otak kita akan berganti dari yang tua menjadi yang muda. Lain halnya, jika kita kurang tidur maka regenerasi sel-sel di otak yang sudah rusak akan lambat untuk diganti. Hal inilah yang menyebabkan seseorang berusia muda lebih mudah lupa. Tapi, tenang. Jika penyebab kepikunan Anda karena kurang istirahat maka peluang Anda untuk sembuh dari ‘pelupa’ akan besar, karena dengan sitirahat/tidur yang cukup maka gangguan pada memori akan kembali normal.


2.  Kebiasaan merokok dan alkohol
Merokok diyakini dapat mempersempit pembuluh darah kecil menuju otak, sehingga pasokan zat gizi dan oksigen ke otak akan terganggu. Sedangkan kebiasaan meminum-minuman yang beralkohol menyebabkan terganggunya keseimbangan kimiawi otak dan sel-sel otak.
3.  Stres berlebihan
Sebenarnya stres yang timbul sesekali tidak akan menyebabkan kematian sel-sel otak dibagian memori, tapi jika stres terjadi berulang kali dan secara berkepanjangan maka itu lain soal. Dengan stres yang berlebihan akan membuat memori seseorang mengalami gangguan.
4.  Penyakit
Mudah lupa atau pikun bisa juga disebabkan faktor ini. Penyakit yang ditenggarai  dapat menurunkan memori seseorang adalah penderita diabetes melitus (kencing manis), hipertensi dan hiperkolesterolemia. Dimana penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan penyempitan di pembuluh darah kecil di seluruh tubuh, termasuk area otak terutama bagian memori. Hal ini juga berlaku untuk penyakit kolesterol maupun hiperkolesterolemia.
5.  Konsumsi obat-obat tertentu
Ada beberapa obat tertentu yang dapat mempengaruhi memori seseorang, seperti obat yang langsung bekerja di susunan saraf pusat di otak (obat penenang, obat tidur maupun obat golongan narkotika-psikotropika).

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki ingatan Anda? Yang pertama: Pelajari hal-hal yang baru, jangan bebani otak melebihi kapasitasnya, terapkan gaya sehat dan perbanyak kegiatan interaktif.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: