Mengapa Aroma Buang Angin Yang Busuk Pertanda Baik Buat Kesehatan?

Seringkali kita menganggap membuang angin adalah sesuatu yang memalukan. Apalagi, membuang angin  dengan aroma yang menyengat hidung. Bisa dipastikan, orang di sekitar kita yang kebetulan mencium aroma ‘tidak bersahabat’ tersebut akan mengeluhkan perbuatan kita, bahkan mungkin ada yang langsung lari terbirit-birit karena tidak tahan mencium aromanya.
Sebenarnya, membuang angin bukanlah sesuatu yang buruk, apalagi bila dilakukan ditempat yang seharusnya. Malah dalam dunia kesehatan, membuang angin dengan aroma yang busuk justru baik. Hal ini berdasarkan temuan Ilmuwan di Universitas Exeter yang menyatakan: perut kembung yang berbau telur busuk bisa berarti Anda memiliki resiko rendah terkena penyakit kanker.


Dimana bau menyengat tersebut adalah hidrogen sulfida yang dilepaskan ketika bakteri usus memecah makanan dalam usus. Menurut Dr Mark Wood mengatakan: 'Hidrogen sulfida bisa menjadi pahlawan kesehatan dengan implikasi yang signifikan untuk terapi masa depan untuk berbagai penyakit. "
Gas Hidrogen Sulfida ini sendiri mempunyai beberapa manfaat buat kesehatan, diantaranya adalah: memperlancar peredaran darah dalam tubuh, senyawa yang dapat menjadi anti pembengkakan, sebagai anti inflamasi (jika Anda juga menghirupnya), menyebabkan tekanan darah menjadi teratur dan mengurangi resiko terserang penyakit kronis.

Jika ditelisik lebih dalam, sebenarnya bau busuk yang dikeluarkan dari tubuh tersebut berasal dari makanan yang dikenal melindungi tubuh terhadap kanker tetapi memiliki bahan kimia yang mengandung sulfur sehingga menghasilkan bau tajam. Makanan itu antara lain, berasal dari: brokoli maupun kubis (biasanya berasal dari keluarga brassica).Selain manfaat di atas makanan yang menghasilkan bau tajam tersebut juga baik untuk kesehatan pencernaan dan berhubungan erat dengan penurunan resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: