Mengapa Rambut Beruban? Dan Bagaimana Mengatasi Rambut Beruban?

Rambut Anda beruban? Anda ingin tahu cara menyembuhkan rambut yang beruban? Sebelum membahas lebih dalam ada baiknya kita menelisik apa itu rambut. Pada rambut terdapat akar rambut yang mana akar rambut ini dikelilingi jaringan di bawah kulit yang disebut folikel rambut. Dimana setiap folikel rambut memiliki jumlah sel pigmen tertentu. Sel pigmen ini memproduksi senyawa kimiawi yang bernama melamin yang mana senyawa kimiawi ini nantinya akan memberikan warna bagi rambut Anda.
Lalu bagaimana caranya sampai uban bisa tumbuh di rambut? Hal ini berkaitan erat dengan melamin tadi. Dimana dengan bertambahnya usia, jumlah melamin akan berkurang sehingga rambut akan berwarna abu-abu atau keputihan atau biasa kita sebut dengan uban. Tapi, perlu diingat bukan hanya orang tua saja yang dapat ditumbuhi uban, pada anak-anakpun uban bisa tumbuh.


Mengapa uban bisa tumbuh pada anak-anak? Biasanya anak yang ditumbuhi uban lebih dominan disebabkan oleh faktor genetis atau keturunan. Dimana bila orang tua masa kecilnya pernah beruban maka anak akan berpeluang besar untuk beruban juga.
Selain faktor keturunan munculnya uban juga dipengaruhi beberapa hal, seperti: penyakit tuberous sclerosis, neurofibromatosis dan vitiligo atau bisa juga karena kekurangan vitamin B 12. Vitamin B12 sendiri bisa didapatkan dari telur, susu, ikan, beras merah maupun daging sapi.
Lalu, bagaimana mengobati uban yang tumbuh di rambut? Sebenarnya perlu diketahui tumbuhnya uban tidaklah mengganggu kesehatan sama sekali, oleh sebab itu janganlah terlalu risau jika tumbuh uban. Walaupun, tidak ada pengobatan untuk uban ini tapi ada cara ‘praktis’ untuk menutupi uban ini yang mungkin sudah anda tahu, yaitu: dengan mengecat rambut.
Jika Anda berniat mengecat rambut Anda, perhatikanlah baik-baik produk pengecatan yang akan Anda pakai karena bisa jadi Anda alergi dalam pemakaiannya. Untuk mengetahui Anda alergi terhadap produk pengecatan tersebut, Anda dapat melakukan tes alergi dahulu di Rumah Sakit yang mendukung pemeriksaan ini.


Loading...

Subscribe to receive free email updates: