Pengobatan Kanker Yang Patut Anda Ketahui

Bila diagnosa kanker telah ditegakkan, biasanya dari tim kesehatan akan membuat rencana pengobatan pada penderita kanker, yang mana pengobatan tersebut melihat lokasi kankernya, kecil/besarnya kankernya, lokal atau sudah bermetastase (stadiumnya) dan juga memperhatikan keadaan umum penderita (seperti umur, jenis kelamin, berat badan, dll).
Pengobatan/terapi kanker pada umumnya terbagi menjadi beberapa bagian. Dimana dari terapi kanker ini memiliki tujuan. Berikut dua tujuan terapi kanker:
Pertama:
Bersifat kuratif (penyembuhan): Tindakan ini merupakan tindakan terapi yang membebaskan penderita dari kanker. Biasanya dilakukan pada penderita kanker stadium awal/dini. Yang mana pada stadium awal biasanya kanker dapat disembuhkan dengan pembedahan.


Kedua:
Bersifat paliatif (meringankan): semua tindakan aktif yang bertujuan untuk meringankan beban penderita kanker terutama yang tidak mungkin disembuhkan. Dimana tujuan terapi paliatif ini adalah: memperbaiki kualitas hidup, mengatasi komplikasi dab mengurangi/meringankan keluhan.
Adapun macam-macam terapi/pengobatan kanker itu adalah:
1.   Terapi utama Kanker:
a.    Bedah
b.    Radioterapi
c.    Khemoterapi
d.    Hormonterapi
2.  Terapi tambahan: dibutuhkan untuk menghancurkan sisa sel kanker yang mungkin masih ada.
3.  Terapi komplikasi:
a.    Transfusi darah, tampon, ligasi arteri
b.    Antibiotik
c.    Trakheotomi
4.  Terapi bantuan: yaitu dengan nutrisi, fisioterapi, psikoterapi
5.  Terapi sekunder untuk penyakit-penyakit yang menyertainya.
Kesimpulan: sangat banyak karsinogen (penyebab kanker) yang ada disekitar kita oleh karena itu berusahalah menghindari kontak dengan karsinogen agar tidak terkena kanker, periksa secara rutin organ-organ tubuh sesuai gaya hidup yang dianut untuk mendeteksi dini adanya kanker. makin dini kanker ditemukan, maka kesembuhan yang didapat semakin besar dan semakin dini kanker ditemukan mempermudah pemberian terapi yang diberikan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: