Ternyata, Lajang Berpeluang Besar Bertubuh Gemuk

Anda lajang dan tinggal sendiri? Waspadalah! Karena menurut sebuah penelitian seorang yang lajang dan hidup sendirian berisiko besar untuk menjadi gemuk. Dimana penelitian ini diliris oleh Queesland University of Tecnology yang menyatakan hidup sendiri membuat seseorang lebih rentang untuk memiliki diet yang tidak sehat.
Hal ini didasarkan pada kemampuan memasak para lajang yang kurang, tidak adanya pendamping (baik orang tua maupun pasangan) untuk dibawa pergi berbelanja, peningkatan biaya makan dan kurangnya motivasi untuk memasak menjadi faktor utama mengapa para lajang memilih makanan-makanan yang tidak sehat dibanding makanan rumah yang biasanya lebih sehat. Dan dari penelitian ini juga terungkap, kalau para pria berpeluang untuk memiliki pola makan yang lebih buruk dibanding para wanita.

Dr Katherine Hanna dan Dr Peter Collins, dari QUT Sekolah - Latihan dan Gizi Ilmu, dianalisis 41 studi sebelumnya untuk menyelidiki hubungan antara hidup sendiri dan makanan dan asupan gizi.  'Hasil penelitian kami menemukan bahwa orang yang hidup sendiri memiliki makanan dengan keragaman yang lebih rendah dari asupan makanan dan konsumsi lebih rendah dari beberapa kelompok makanan inti, seperti: buah-buahan dan sayuran dan ikan, "kata Dr Hanna.
Penelitian menunjukkan hidup sendiri mungkin merupakan penghalang untuk makan sehat yang berkaitan dengan peran budaya dan sosial dari makanan dan memasak, kurangnya motivasi dan kenikmatan dalam memasak  atau makan sendirian sering menyebabkan orang menyiapkan makanan sederhana atau siap saji yang didalamnya kurang nutrisi penting.
Tidak adanya dukungan atau dorongan untuk mematuhi pedoman makan sehat dan kesulitan dalam mengelola kontrol porsi juga faktor yang mempengaruhi pola makan.
Dr Hanna mengatakan orang yang tinggal sendirian yang beragam di berbagai usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial ekonomi mungkin tidak  siap untuk memasak untuk diri mereka sendiri untuk berbagai alasan, Misalnya, seseorang yang berduka atau bercerai, mungkin sebelumnya mengandalkan pasangannya untuk persiapan makanan dan tidak memiliki keterampilan memasak yang cukup untuk membuat makanan sehat,’ katanya.
Faktor ekonomi juga menjelaskan mengapa konsumsi dari makanan seperti buah-buahan dan sayuran dan ikan menjadi rendah, karena mereka memerlukan lebih banyak uang untuk membelinya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: