Tips Mengatasi Gangguan Buang Angin Berlebih

Menurut sebuah penelitian, sekitar 30 sampai 40% orang di dunia punya permasalahan dengan buang angin atau bahasa awamnya kentut. Sebagian besar dari penderita yang bermasalah dengan buang angin ini tidak mengungkapkan kepada orang lain apalagi kepada dokter karena masalah buang angin ini dianggap sesuatu yang memalukan.
Permasalahan dari buang angin atau bahasa kerennya disebut faltus ini bisa berupa tidak adanya buang angin atau malah sering buang angin. Jika pada penderita yang mempunyai masalah tidak bisa buang angin selama berhari-hari biasanya diajurkan untuk berpuasa agar tidak memberatkan kerja usus. Lalu, bagaimana dengan seseorang yang mengalami kentut berlebih? Berikut tips mengatasi gangguan buang angin yang berlebih:


1.   Dalam mengatasi buang angin berlebih anda dapat membatasi komsumsi brokoli, asparagus, buah pir, apel, bawang, sari buah, minuman bersoda, produk susu (es krim, salad maupun keju) dan mengurangi makanan berlemak tinggi.
2.  Buatlah catatan yang berisi makanan yang dikomsumsi sehingga ketika muncul buang angin yang berlebih, Anda dapat mengidentifikasi makanan yang menjadi penyebab timbulnya buang angin berlebih.
3.  Dalam makan, sebaiknya kunyah makanan secara pelan dan sempurna dimana dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali dan hindari makanan dalam jumlah yang banyak.
4.  Disarankan untuk mengurangi kebiasaan menelan udara, seperti: merokok, meminum minuman menggunakan sedotan, minum langsung dari mulut botol, mengunyah permen karet atau bisa juga dengan menghisap permen.
5.  Lakukan aktivitas fisik berupa olah raga yang dapat mempertahankan peristaltik usus.
6.  Lakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi secara teratur (6 bulan sekali), terutama buat Anda pengguna gigi palsu.
Demikianlah tips mengatasi kentut yang berlebih, semoga artikel ini membantu Anda dalam menekan pengeluaran buang angin yang berlebih.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: