Bahaya Mengejutkan Dari Sinar Matahari Yang Wajib Anda Ketahui

Berbahayakah sinar UV bagi kesehatan kulit? Sebelum menjawab pertanyaan tadi, marilah kita berkenalan dengan sinar matahari itu terlebih dahulu. Sebenarnya, sinar ultra violet atau sinar matahari mempunyai manfaat buat tubuh. Salah satunya adalah membantu terbentuknya Vitamin D bagi tubuh. 
Sinar matahari dibagi menjadi tiga jenis, Yaitu: sinar ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB)  dan ultraviolet C (UVC). Dimana ketiga jenis ini memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda. Dimana, semakin panjang gelombang sinar mataharinya, maka semakin besar dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Diantara ketiganya, UVA dan UVB merupakan yang berbahaya bagi kulit.

Untuk diketahui, sinar matahari merupakan penyebab terbesar kerusakan kulit yang berasal dari faktor eksternal. Selain itu, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan jaringan elastin yang berfungsi menjaga kekuatan dan elastisitas kulit dan menjaga penuaan dini. Tapi, hal lain yang lebih berbahaya adalah keratosis aktinik yang merupakan gejala awal kanker kulit.

Untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit akibat paparan matahari ini, sebaiknya hindari aktifitas di bawah terik matahari langsung dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, selain itu untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet hendaknya gunakan tabir surya atau sunsreen sebelum melakukan aktifitas di bawah terik sinar matahari.
Selain mengurangi paparan sinar matahari, penggunaan sunscreen juga dapat mengurangi berbagai kerusakan kulit dan mencegah munculnya kanker pada kulit. Dimana penggunaan tabir surya yang baik adalah dengan memilih tabir surya yang mengandung SPF 30 yang memiliki kandungan aman dan telah lolos uji klinis.
Dimana tabir surya dengan SPF 30 memiliki perlindungan selama empat jam, jadi selama waktu itu Anda tidak perlu menambahkan bahan perlindungan lain buat kulit Anda, dan bila telah lewat dari empat jam, Anda dapat mengoleskan lagi sunscreen kembali.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: