Langkah Mudah Agar Anda Dapat Tertidur Nyenyak Dimalam Hari

Anda susah untuk tidur di malam hari? Anda ingin tidur nyenyak di malam hari?  Apakah ada cara agar dapat tertidur dengan pulas? Sebenarnya, banyak cara yang dapat ditempuh agar Anda dapat tidur dengan nyenyak, tapi cara di bawah ini mungkin dapat Anda tempuh, jika Anda tetap kesukaran dalam tidur. Berikut langkah mudah mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas:
1.   Hilangkan pikiran sebelum tidur
Sebelum Anda berbaring, ketika Anda duduk di tepi tempat tidur Anda, sebaiknya tutup mata Anda lalu buanglah pikiran yang belum terselesaikan, baik itu pikiran bisnis Anda, pekerjaan Anda atau apapun yang dapat mengganggu pikiran Anda. Setelah Anda mengusir pergi pikiran tersebut, pusatkan pikiran ke napas Anda. Biarkan tubuh Anda untuk rileks. Biarkan pikiran Anda untuk bersantai, lalu ambil napas dan keluarkan.

Berbaringlah telentang. Pertahankan napas Anda sambil bawa tubuh dan pikiran Anda bersantai lebih dalam setiap Anda bernapas. Jangan memaksa pernapasan Anda, biarkan napas Anda mengikuti irama tubuh dan pikiran Anda yang rileks. Setelah beberapa saat, biasanya kesadaran Anda secara perlahan akan menurun, ketika ini terjadi bergulinglah di sisi  kanan Anda lalu lepaskan kesadaran yang tersisa dan biarkan diri Anda terlelap ke dalam alam tidur.

Jika, Anda memiliki kecendrungan untuk bangun di tengah malam, ulangi dua langkah terakhir.
2.  Menghindari biru terang (layar) 60 menit sebelum tidur.
Smartphone, tablet, laptop , televisi , dan setiap layar lain Anda dapat  menangkap gelombang melatonin. Dimana layar di masing-masing perangkat elektronik tersebut memancarkan tingkat tinggi sinar cahaya biru. Cahaya biru yang timbul pada layar tersebut dapat menekan kelenjar pineal Anda yang mana nantinya akan menimbulkan kebingungan sirkardian Anda terutama pada pola tidur Anda. Untuk itu, untuk menghindari kebingungan sirkardian karena paparan cahaya biru, Anda dapat  matikan semua layar satu jam sebelum Anda pergi tidur.
3.  Singkirkan Aktivitas  satu jam sebelum tidur
Sebaiknya, satu jam sebelum tidur singkirkanlah kegiatan yang dapat membangkitkan perhatian Anda yang nantinya dapat menekan kantuk alami Anda, seperti: membalas email, menelpon, membaca, maupun menonton televisi. Ada baiknya Anda untuk melalukan poin pertama agar Anda dapat tidur dengan lelap. 
Loading...

Subscribe to receive free email updates: