Apakah Foto Jokowi Di Raja Ampat Palsu?

Asli atau palsu foto Presiden Joko Widodo di Raja Ampat di Tahun 2016 lalu? Berita akan keaslian foto Jokowi di Papua tersebut menjadi topik panas di awal tahun ini. Sebuah keraguan muncul dari Jonriah Ukur Ginting atau yang dikenal dengan panggilan Jonru karena meliat ‘keanehan’ dari Foto Presiden yang terlihat mengenakan sarung tersebut.
Lalu, apa yang ‘aneh’ dari foto Jokowi yang membuat Jonru menyangsikan keaslian foto tersebut? Dari postingan yang dibuatnya, Jonru membuat analisis terhadap asli atau editan foto Jokowi di tahun baru tersebut. Berikut kutipan tulisan Jonru: ‘Tidak ada yang salah dengan beritanya. Yang saya heran adalah FOTONYA: Sinar matahari dari belakang, tepat di bagian punggung. Namun kenapa di bagian punggung justru lebih gelap dibanding depan, padahal cahaya matahari berasal dari belakang? Silahkan bagi teman2 yang pintar Photoshop untuk membuat analisis. Jika ternyata foto ini asli, bukan editan, maka status ini akan saya hapus segera.Namun jika ternyata ini fto editan, PERTANYAAN BESARNYA adalah: Untuk apa bikin foto editan? Apa relevansinya? Wallahualam:)’ tulisnya.

Rupanya kalimat pendek yang meragukan keaslian Foto Presiden Joko Widodo di Raja Ampat itu berbuntut panjang. Karena, sang fotografer yang merupakan Fotografer Istana yang bernama Agus Suparto tidak terima karena menganggap karyanya tersebut merupakan sebuah editan. Seolah membalas postingan Jonru, sang fotografer di akun Facebooknya menuliskan sebuah kalimat yang bisa ‘menonjok’ status Jonru: "Thanks all, buat buktikan ke Jonru bahwa foto saya bukan editan. Sebenarnya malas nanggapi, tetapi hal ini sudah menyinggung harga diri atas integritas saya. Lagi pula melanggar UU".
Bagi Anda yang penasaran akan foto Jokowi yang sedang panas diperbincangkan, dapat melihat fotonya berikut ini. Inilah foto Jokowi Diraja Ampat Tahun 2016 Yang Dianggap Editan:


Lalu, dari melihat kedua foto tersebut, apakah kalian meragukan keaslian foto Presiden Joko Widodo di Raja Ampat tersebut? atau justru melihat kedua foto tersebut, kalian percaya bahwa foto Jokowi di Papua di awal tahun 2016 itu adalah asli?


Loading...

Subscribe to receive free email updates: