Foto Orangutan Kehujanan Ini Memenangkan Foto Terbaik Dunia

Orangutan in The Rain karya Andrew Suryono mengharumkan nama Indonesia karena berhasil memenangkan lomba Fotografi kelas dunia untuk Honorable Mention dari National Geografic. Kemenangan foto orang utan yang berteduh dengan daun pisang pada saat hujan ini mengalahkan sekitar 13 ribu lebih foto yang masuk dari penjuru dunia.
Kemenangan foto Orangutan in The Rain ini tidak terlepas dari nilai artistik dan momentnya. Dimana pada gambar tersebut, tergambar jelas tingginya nilai artistik foto ini dan tentu saja moment seorang bayi orang utan yang memengang sebuah benda (daun pisang) untuk melindunginya dari hujan  sangat langka untuk disaksikan.

Fotografer Andrew Suryono mengatakan: "Aku mengambil gambar dari beberapa orangutan di Bali dan kemudian mulai turun hujan. Sebelum saya meletakkan kamera dan pergi, saya melihat orangutan ini mengambil daun pisang dan meletakkannya di atas kepalanya untuk melindungi diri dari hujan. Saya segera menggunakan DSLR dan lensa tele untuk melestarikan momen ajaib ini’. katanya bangga.

Perlu diketahui pengambilan gambar orang utan yang berlindung dengan daun pisang ini diambil secara tidak sengaja. Dimana tempat pengambilan anak orang utan ini ada di kebun binatang di Bali.
Sebelum mengikuti kompetisi fotografi National Geografic, foto orang utan in the rain ini juga diikutkan di The Sony World Photography Awards. Dan sama seperti lomba di National Geografic, foto inipun berhasil menggondol juara di ajang bergengsi internasional tersebut.
Dalam situs resminya, pihak Sony menuliskan: The Sony World Photography Awards is one of the world's most coveted photography award around. Entries have been flooding in since the contest's start date of Jan. 6, 2014. Now almost a year later, some of the best entries have already been noted. This image comes from Andrew Suryono in Bali, Indonesia and features a baby orangutan taking shelter from the rain with a banana leaf. When out one day photographing orangutans, it began to ran and Suryono spotted this moment just before putting the camera away. "I immediately used my DSLR and telephoto lens to preserve this magic moment," Suryono said.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: