7 Hal Yang Dapat Menurunkan Kualitas Sperma Anda

Bagi Anda yang ingin segera hamil tentu harus memperhatikan kesehatan reproduksi. Salah satu reproduksi yang perlu diperhatikan adalah reproduksi laki-laki. Dimana, kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganggap lambatnya kehamilan pada suatu pasangan dikarenakan masalah reproduksi wanita. Padahal, faktanya para lelakipun memengang peranan dalam tertundanya kehamilan.
Dimana dari sistem reproduksi pria dihasilkan sperma. Jika kesehatan sperma baik, maka kemungkinan terjadinya pembuahan akan semakin besar, dan bila kesehatan sperma buruk, maka peluang untuk memiliki anak akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, ada baiknya para pria menjaga kesehatan reproduksinya sehingga menghasilkan sperma yang berkualitas; baik dari segi jumlah, pergerakan, bau, kecepatan, maupun dari bentuk sperma sendiri.
Tapi, sayangnya ada beberapa kebiasan para pria yang justru merusak kualitas sperma ini. apa saja kebiasaan yang kurang baik tersebut? Berikut kebiasaan pria yang dapat merusak kuaitas/kesehatan sperma:

1.   Bercelana ketat
Penggunaan celana ketat akan menyebabkan buah zakar (kantong penis) atau skrotum tertekan. Skrotum yang tertekan akan menjadi panas. Dengan timbulnya panas berlebih di sekitar skrotum secara otomatis akan menyebabkan kematian pada sperma. Karena seperti kita tahu sperma sangat tidak tahan terhadap perubahan suhu tubuh yang tinggi (panas).
Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin memiliki momongan sebaiknya gantilah celana dalam ketat anda dengan boxer yang longgar. Lalu, hindari penggunaan celana jeans/kain yang ketat dan pakailah celana yang longgar. Kalau perlu, pada malam hari ketika ingin tidur anda cukup mengenakan sarung tanpa celana dalam sehingga resiko timbulnya panas yang dapat merusak kualitas sperma menjadi berkurang.
2.  Duduk terlalu lama
Sama seperti penggunaan celana yang ketat, duduk terlalu lama juga dapat merusak kualitas sperma. apalagi, jika kita duduk ditempat yang keras. Beberapa penelitian mengatakan pria yang sering duduk terlalu lama ketika mengemudi dan bersepeda berpeluang besar untuk memiliki sperma yang buruk. Oleh karena itu, apabila anda bersepeda/mengemudi usahakan untuk mengambil jeda buat berdiri/setengah berdiri mengangkat pantat anda sehingga skrotum anda tidak tertekan dan aliran darah menuju sistem reproduksi menjadi lancar.

3.  Obesitas
Kegemukan pada pria biasanya terjadi di area perut. Dimana lemak berlebihan di perut dapat menekan area testikel. Dimana dengan tertekannya area testikel akan mengganggu proses penyaluran hormon menuju organ yang ada di bawah perut. Dengan terganggunya proses penyaluran tersebut akan menyebabkan kualitas sperma menjadi kurang baik.
Oleh karena itu, ada baiknya kita yang ingin memiliki anak agar selalu menjaga pola makan kita serta rajin berolahraga sehingga badan menjadi sehat dan tentu saja akan menghasilkan sperma yang sehat juga.
4.  Berendam di air hangat
Seperti kita tahu, dimasyarakat modern seperti sekarang ini banyak ditawarkan untuk mandi sauna yang biasanya berendam di air hangat. Ingat, walaupun mandi di air hangat memiliki beragam manfaat, tapi itu akan berakhibat buruk buat kesehatan sperma kita. Karena, sperma tidak tahan dengan lingkungan yang hangat/panas apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama.
5.  Bergadang
Ini kebiasaan yang sering dilakukan para lelaki. Perlu diketahui dengan tidur kita akan meregenerasi sel-sel diseluruh tubuh. Jadi, apabila kita sering bergadang maka peluang regenerasi sel dalam tubuh kita akan berkurang. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap regenerasi kesehatan sperma kita juga.
Oleh sebab itu apabila kita ingin memiliki sperma yang sehat ada baiknya kita mempercepat tidur kita, sekitar pukul 8 atau 9 dan apabila ada pekerjaan yang menanti, sebaiknya kerjakan pada waktu dini hari.
6.  Merokok
Kebiasaan buruk lainnya adalah merokok. Apabila kita perokok pasti tidak asing melihat pesan di bungkus rokok yang mengatakan rokok dapat menyebabkan impotensi dini. Bukan itu saja, rokok juga dapat merusak kesehatan sperma kita. Mengapa demikian? Karena rokok dapat merusak DNA,  menurunkan jumlah sperma serta merubah bentuk sperma.
7.  Menyimpan Ponsel Di celana dan menaruh laptop di pangkuan
Dua hal di atas merupakan faktor lain yang menurunkan kualitas sperma. hal ini dikarenakan radiasi yang terpancar dari kedua barang elektronik di atas. Belum lagi panas yang ditimbulkan yang menyebabkan sperma menurun kuaitasnya.
Oleh sebab itu, ada baiknya menyimpan handphone di tas dan menyiapkan meja kecil ketika ingin menggunakan laptop.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: