Apakah Berbahaya Penderita Diabetes Untuk Hamil?

Anda penderita diabetes melitus tapi ingin memiliki anak? Apakah berbahaya seorang penderita kencing manis untuk hamil? Mungkin ini pertanyaan bagi Anda penderita diabetes tapi menginginkan buah hati ditengah-tengah keluarga.
Pada dasarnya seorang ibu yang mengidap penyakit diabetes melitus (kencing manis) tidak bermasalah jika ingin hamil selama kondisi penyakitnya terkontrol. Penderita diabetes pada umumnya mempunyai kadar gula yang berlebihan dalam tubuhnya.

Untuk itu selama kehamilan upayakan kadar gula dalam tubuh terkontrol dengan baik. Selain itu, konsultasikanlah dengan rutin bersama dokter internist yang biasa mengontrol kadar gula darah Anda. Biasanya, Anda akan dianjurkan untuk menjaga pola makan, olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda, Istirahat yang cukup dan memberikan sejumlah obat jika ada peningkatan gula darah dalam tubuh Anda.

Jika positif hamil usahakan untuk menjaga pola makan dengan cara tidak mengkomsumsi makanan dengan kalori tinggi yang akan mengakibatkan kadar gula dalam tubuh meningkat. Jika terjadi peningkatan gula darah selama kehamilan, bukan saja mendatangkan masalah pada bayi yang dikandung tetapi juga pada ibu yang mengandung.
Biasanya, kadar gula darah yang tinggi pada kehamilan akan ‘menghasilkan’ bayi yang berukuran besar atau bahasa medisnya disebut giant baby. Dengan ukuran yang besar tersebut akan susah bagi si Ibu untuk melahirkan bayinya secara normal. Selain itu, bila pun bayi dan Ibu selamat pada persalinan, sang bayi akan mendapatkan perawatan yang intensif karena harus memantau kadar gula darah pada anak.

Jadi kesimpulannya, bagi Anda yang menderita penyakit kencing manis aman untuk hamil, asal kadar gula darah dalam tubuh terkontrol. Dan pastikan Anda untuk memeriksakan gula darah dan kehamilan Anda secara rutin agar perkembangan janin tetap dalam kondisi yang sehat.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: