Cara Mudah Menjaga Kesuburan Anda

Bagi Anda yang sudah menikah, rata-rata pasti menginginkan adanya anak ditengah keluarga. Dimana faktor penting untuk memperoleh keturunan tersebut adalah dengan memiliki kesuburan yang baik. Lalu, bagaimana jika Anda adalah seseorang yang masih single yang belum menikah? Apakah Anda abai dengan kesuburan Anda? Bisa dipastikan Anda semua menggelengkan kepala, dimana rata-rata pasti menginginkan anak ketika menikah nanti.
Berikut cara sederhana dalam memelihara kesuburan Anda, baik untuk yang belum menikah maupun yang belum menikah:
1.   Melindungi diri dari PMS
Diperkirakan seperempat dari semua masalah kesuburan disebabkan oleh PMS atau Penyakit Menular Seksual. Ambil contoh kasus clamidia yang disebabkan oleh PMS ini dapat menyebabkan saluran tuba tertutup dengan tertutupnya saluran ini maka peluang Anda untuk memperoleh keturunan sangan minim. Belum lagi penyakit PMS lain yang dapat merusak organ kesuburan Anda.

2.  Berhenti Merokok
Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa seorang perokok 30% kurang subur dibandingkan dengan yang tidak perokok. Dimana pada wanita, fungsi ovarium dapat dipengaruhi dan lapisan rahim dapat menjadi lebih tipis dari waktu ke waktu. Selain itu, Perokok masuk ke menopause rata-rata tiga tahun lebih cepat dari non-perokok.

3.  Pertimbangkan akupuntur
Akupuntur memiliki efek positif buat tubuh, seperti: memperlancar aliran darah ke panggul, meningkatkan kualitas endometrium, dan tentu saja salah satu pengobatan untuk infertilitas.
4.  Makanan diet seimbang dan rutin berolahraga
Dengan menjaga makan diet seimbang diharapkan kita memiliki bentuk tubuh yang ideal, dimana bila seseorang kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan berpeluang besar untuk mengganggu keseburan. Wanita gemuk mungkin memiliki terlalu banyak estrogen karena terlalu banyak lemak tubuh, yang dapat berkontribusi untuk masalah kesuburan. Sedangkan, lemak tubuh yang rendah dapat menyebabkan ovulasi berhenti .Selain makanan diet seimbang ada baiknya, Anda meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Kembali ke diet seimbang, sebaiknya hindari makanan olahan dan gula sebanyak mungkin dan makan-makanlah makanan yang alami yang kaya akan serat dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
5.  Memahami sejarah kesuburan anda
Siklus menstruasi kita adalah satu-satunya tanda lahiriah kesuburan kita, itu adalah mirip dengan seorang teman yang bijaksana berada di sana dan memberitahu kita ketika hal-hal yang keluar dari keteraturan dan ketika hal-hal berjalan dengan baik.
Dengan melibatkan dan memahami siklus kita dapat memberitahu banyak tentang kesehatan umum dan kesuburan Anda. Selain itu, jika Anda tahu sejarah keluarga Anda, terutama ginekologi ibumu dan usia menopause, maka kemungkinan besar anda akan memiliki kesuburan dan masa menoupause yang sama dengan ibu Anda.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: