Mencegangkan! Ini Empat Senjata Pertahan Diri Terspektakuler Dari Gurita

Gurita. Hewan yang dipenuhi tentakel ini banyak menyimpan rahasia kekuatan supernya, salah satunya adalah perihal pertahan dirinya. Hewan cerdas yang dulu terkenal sebagai peramal di Piala dunia ini ternyata memiliki berbagai senjata pertahan diri yang luar biasa. Apa saja itu? Ini dia, yang kami rangkum dalam:  pertahan diri revolusioner dan mencegangkan dari seekor Gurita:
1.   Teknik Menyamar
Mungkin banyak yang beranggapan bahwa Bunglon adalah binatang yang paling hebat dalam ‘menyatu’ dengan lingkungan sekitarnya melalui perubahan warna kulitnya. Padahal faktanya, Guritalah hewan terhebat dalam hal penyamaran, dalam sepersekian detik saja, seekor gurita sudah dapat merubah warnanya sesuai dengan lingkungan di sekitarnya. Bandingkan dengan bunglon yang memakan waktu cukup lama untuk merubah warnanya.

2.  Teknik Perubah Bentuk
Selain cerdas dalam merubah warna tubuhnya, Gurita juga dapat merubah bentuknya sesuai dengan apa yang diinginkannya. Tidak salah-salah, seeokor gurita dapat berubah wujud menjadi karang dilautan, menjadi ikan bahkan seekor ular. Bukan itu saja kemampuan terhebatnya, seekor Gurita penyamar juga dapat meniru gerakan dan tingkah laku dari benda/hewan yang diikutinya! Itulah sebabnya, Gurita merupakan hewan satu-satunya dimuka bumi yang dapat merubah tubuhnya secara 3 dimensi.

3.  Teknik Mengkrucut
Banyak yang tahu, hewan satu ini sangat lihai dalam melarikan diri dari mangsa. Tapi, banyak  yang tidak tahu kalau hewan ini dapat ‘mengecilkan’ badannya dari ukuran sebenarnya. Seekor gurita yang ingin menghindari predator akan dapat dengan mudah memasuki celah di karang yang terkenal sangat sempit dengan tubuh gempalnya. Rahasianya tentu saja dari kelenturan tubuhnya yang dapat ‘berubah wujud’. Sehingga dengan kemampuan hebat tersebut, seekor Gurita dapat melepaskan diri dari kejaran predator yang ingin memangsa dirinya.
4.  Teknik Semburan Tinta
Mungkin diantara semua pertahanan diri Gurita, teknik satu ini sangat terkenal. Teknik ini sangat ampuh menyelamatkan nyawa seeokor Gurita dari predator yang ingin memakannya. Dimana dengan menyemburkan tinta kepada pemangsa, seekor Gurita tidak hanya dapat menghilangkan jejak tubuhnya, tapi juga bau dan rasa dirinya.
Selain itu, ditemukan fakta lain dari pengeluaran tinta ini. Seekor Gurita yang menyemburkan tinta akan secara otomatis akan mengeluarkan lendir juga dari tubuhnya. Lalu, apa gunanya lendir ini? Gunanya adalah sebagai pengalih target sebenarnya. Maksudnya adalah lendir yang hadir bersamaan dengan tinta ini akan dianggap predator sebagai sosok Gurita. Sehingga Gurita dapat dengan mudah meninggalkan pemangsa yang telah hilang konsentrasinya dengan menangkap Gurita palsu.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: