Inilah Alasan Mengapa Ketika Selesai Buang Air Kecil Kita Bergidik

Kenapa kalau kita habis buang air kecil, seringkali badan kita seperti bergetar? Mungkin inilah pertanyaan kita ketika menyadari adanya ‘kelainan’ pada tubuh ketika buang air kecil tersebut. Dimana biasanya gemetar itu berlangsung beberapa detik yang tanpa kita komandoi.
Penyebab kita bergetar saat kita buang air kecil (BAK) adalah: respon tubuh atau mekanisme tubuh terhadap panas yang keluar dari tubuh kita. Jadi ketika buang air kecil, ada panas yang keluar dari tubuh kita untuk membuat tubuh kita tetap hangat atau lebih hangat, tubuh kita berkompensasi dengan menggerakkan tubuh kita (menggigil/bergetar) secara otomatis. Dengan begitu diharapkan tubuh akan tetap hangat, karena reflek menggigil tersebut menghalangi pengeluaran panas tubuh.

Hal ini sama halnya dengan ketika kita keluar dari kolam renang. Ketika air yang terbawa kulit kita menguap, banyak panas hilang dari tubuh kita. Untuk menjaga suhu tubuh normal kita, tubuh secara otomatis akan melakukan ‘tindakan’ penyelamatan, yaitu dengan cara mengerak-gerakkan tubuh (menggigil). Sehingga dengan gerakan tersebut, panas suhu tubuh akan tetap terjaga.

Jadi ‘kejadian’ bergetar (menggigil) pada saat buang air kecil dan saat keluar dari kolam renang adalah reflek tubuh kita yang untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh kita, agar tetap dalam kondisi yang normal. Karena kalau tidak ada respon tubuh terhadap pengeluaran panas dari tubuh tersebut, bisa dipastikan kita akan mengalami hipotermia (suhu tubuh dibawah normal).

Demikianlah penjelasan tentang mengapa tubuh kita bergetar saat buang air kecil (BAK). Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: