Kemenpora Buka Rekening Buat Rio Haryanto

Anda ingin melihat Rio Haryanto bertanding di ajang F1? Sekarang, ada nomor rekening yang dibuka Kemenpora untuk menggalang dana bagi pembalap F1 pertama Indonesia tersebut. Dimana pembukaan nomor rekening tersebut, merupakan bentuk solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto.
Seperti diketahui, Rio diharuskan membayar 15 juta euro atau setara dengan 225 miliar kepada Tim Manor untuk membalap di F1 musim 2016. Sampai saat ini, Rio baru membayar 5,2 juta euro dari Pertamina sebagai sponsor. Berarti Rio Haryanto masih kekurangan dana sekitar 9,8 juta euro ke Tim Manor.

Lalu, muncul pertanyaan untuk apa uang sebesar itu? Perlu diketahui Rio tidak termasuk kedalam program pembalap dari Tim Manor. Oleh karena itu, Rio harus membayar uang dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan kontrak dengan Tim Manor. Untuk sebuah mobil F1 saja memakan biaya sebesar 125 Miliar, belum lagi bujet yang diperlukan untuk mengarungi kompetisi F1, dimana dalam semusim membutuhkan dana sekitar 3,3 Trilun.

Mungkin, terbesit dipikiran kita mengapa pemerintah Indonesia tidak membantu menalangi kekuarangan dana Rio Haryanto yang ingin berlaga diajang F1 tersebut? Apabila pemerintah dalam hal ini Kemenpora mengucurkan dana buat Rio, maka itu melanggar aturan karena pemerintah hanya boleh membantu pembinaan olahraga amatir, sedangkan Rio adalah pembalap profesional. Dimana F1 adalah bisnis.
Untuk mengatasi permasalahan keuangan Rio diajang F1 tersebut, ada beberapa cara yang ditempuh. Salah satu yaitu: mencarikan Rio Haryanto sponsor. ‘Ada beberapa (calon sponsor) yang akan ketemu, tetapi belum ada yang betul-betul kontrak. Masih negosiasi,’ ujar Ibunda Rio Haryanto.
Lalu, berapa nomor rekening Rio Haryanto yang dibuka Kemenpora tersebut? Dikutip dari koran Kompas (Selasa, 8 Maret 2016; Halaman 29), nomor rekening atas nama Rio Haryanto tersebut dibuka di Bank Mandiri dengan nomor 1220000882012, dimana rekening tersebut dikelola oleh sepenuhnya oleh manajemen Rio.

Tapi, sayangnya tidak dijelaskan apakah sumbangan buat Rio melalui pembukaan nomor rekening ini ditujukan hanya untuk jajaran Kemenpora atau berlaku juga buat masyarakat umum?
Loading...

Subscribe to receive free email updates: