Cara Membedakan Sakit Pinggang Dikarenakan Sakit Ginjal Dengan Sakit Pinggang Karena Faktor Lain

Seringkali masyarakat Indonesia menganggap sakit pinggang pasti disebabkan oleh penyakit ginjal. Padahal faktanya bisa saja bukan. Dimana sakit pinggang bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: masalah pada otot, tulang dan saraf. Lalu, bagaimana membedakan sakit pinggang karena sebab lain? dengan sakit pinggang karena sakit ginjal? Bukan perkara mudah membedakan antara penyakit pinggang dengan penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan gejala dan intensitas nyeri yang hampir sama dikeduanya. Lalu, bagaimana caranya membedakan apakah seseorang hanya menderita penyakit pinggang atau malah penyakit ginjal?
Berikut cara mudah membedakan seseorang terkena penyakit pinggang dengan penyakit ginjal:
1.   Pada penyakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasanya nyerinya tidak akan berubah atau hilang hanya karena perubahan posisi. Apabila nyeri hilang karena perubahan posisi kemungkinan sakit pinggangnya bukan disebabkan oleh penyakit ginjal.

2.  Pada penyakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasanya apabila bagian yang terasa nyeri dipijat atau ditekan akan terasa lebih sakit.

3.  Pada umumnya penyakit pinggang karena sakit ginjal akan mengalami demam. Tapi, sakit pinggang karena faktor infeksi pada otot juga dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat. Oleh sebab itu pastikan dulu demamnya disebabkan oleh faktor apa?
4.  Pada penyakit pinggang yang dikarenakan penyakit ginjal biasanya pada saat buang air kecil, warna urine akan terlihat lebih keruh dan bisa juga berwarna kemerahan bercampur darah.

Untuk menentukan apakah sakit pinggang disebabkan oleh sakit ginjal atau faktor lain dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan USG perut. Biasanya, pemeriksaan laboratorium yang dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada ginjal adalah Ureum dan Kreatinin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: