Alasan Kenapa Kita Sering Haus Ketika Berada Di Ruang Ber-AC

Seringkali timbul pertanyaan, ‘Padahal saya bekerja di ruang ber-AC, mengapa tetap haus?’  Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika merasakan ada yang tidak ‘rasional’ dengan kondisi yang kita alami. Tinggal di ruang yang dingin (Ber-AC) tapi merasa haus padahal rasional pemikiran kita pada umumnya adalah Tinggal di tempat panas membuat kita gampang haus.
Sebelum menjawab pertanyaan di atas marilah kita mengenali dulu apa itu rasa haus?  Rasa haus merupakan sebuah tanda dari tubuh kalau tubuh kita kekurangan air, yang sering ditandai dengan sedikitnya air yang masuk dalam tubuh dan banyaknya air yang keluar dari tubuh, seperti: keringat, muntah, air seni atau bisa juga pada saat keluar ingus).

Kalau pada umumnya kita sering merasa haus pada musim panas dikarenakan keluarnya keringat berlebih pada tubuh sehingga timbul rasa haus. Maka pada cuaca dingin (ruangan Ber-AC) kita banyak mengeluarkan urine atau air seni.

Mengapa pada suasana dingin kita sering buang air kecil? Hal ini dikarenakan tubuh berkompensasi menghadapi rasa dingin tersebut. Untuk mencapai keseimbangan suhu tubuh, maka dilakukan usaha untuk menghangatkan tubuh dalam menghadapi rasa dingin. Cara yang umumnya dilakukan adalah menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi aliran darah ke kulit, sehingga uapan cairan akan berkurang.
Tapi, dengan kompensasi tersebut, pembuluh darah yang menyempit akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Untuk mengatasi peningkatan tekanan darah tersebut, ginjal akan menyaring beberapa kelebihan cairan dari darah Anda, agar tidak membebani kerja pembuluh darah. Saringan ginjal terhadap cairan tersebut akan mengisi kandung kemih. Karena kandung kemih terisi maka akan ada rasa ingin buang air kecil.
Karena seringnya kita mengeluarkan cairan dalam tubuh (berupa air seni) mengakibatkan perbandingan air dalam dan luar sel terganggu sehingga akan menyebabkan air di dalam sel dapat keluar sel melalui proses osmosis. Kekurangan air dalam sel menyebabkan sel-sel tidak dapat bekerja secara efektif. Nah, untuk mengembalikan fungsi sel seperti semula, tubuh memerintahkan penambahan air berupa timbulnya rasa haus kepada kita.

Itulah sebabnya walaupun kita tinggal di ruang yang dingin (Ber-AC) kita sering merasa haus. Semoga artikel singkat ini dapat menjawab pertanyaan Anda sekalian. Wassalam.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: